Gelar Rakerda, BKKBN Fokus Penurunan Angka Stunting dan Bangga Kencana

Haidir Ali, telisik indonesia
Senin, 18 April 2022
0 dilihat
Gelar Rakerda, BKKBN Fokus Penurunan Angka Stunting dan Bangga Kencana
Kepala BKKBN Sultra Drs. Asmar, M.Si (kanan) membahas persiapan rakerda bersama Sekretaris BKKBN Sultra Muslimin, SH (kiri). Foto: Haidir Ali/Telisik

" Rakerda akan mengevaluasi kinerja BKKBN Sultra tahun 2021 lalu, dan menyusun rencana percepatan penurunan angka stunting dan program Bangga Kencana di daerah Sultra "

KENDARI, TELISIK.ID - Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana (BKKBN) Perwakilan Daerah Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan persiapan pelaksanaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) tahun 2022. 

Kepala BKKBN Perwakilan Sultra, Asmar mengatakan, Rakerda BKKBN 2022 akan digelar pada hari Selasa (19/4/2022) di salah satu hotel, di Kota Kendari.

Ia juga mengatakan, rakerda kali ini akan mengevaluasi kinerja BKKBN Sultra tahun 2021 lalu, dan menyusun rencana yang akan dilaksanakan pada tahun 2022 ini. Terutama percepatan program penurunan angka stunting dan program Bangga Kencana di daerah Sultra.

"Sudah siap semuanya, sudah rapat pemantapan juga untuk melaksanakan rakerda besok, dan Deputi Latbang BKKBN Pusat akan bergabung tapi lewat virtual," kata Asmar kepada Telisik.id, Senin (18/4/2022).

Baca Juga: Sempat Bertahan 4 Kasus Aktif COVID-19, Sekarang Tersisa 2 di Kota Kendari

Asmar mengatakan, Sultra termasuk salah satu daerah dengan angka stunting cukup tinggi yaitu 32%. Olehnya itu seluruh sektor yang terlibat harus ikut aktif dan serius dalam berkolaborasi menjalankan program penurunan angka stunting di Sultra.

"Kita berharap dalam melakukan percepatan penurunan stunting serta kerja sama dengan beberapa pihak yang terkait harus dijalankan dengan serius," tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris BKKBN Sultra Muslim SH mngungkapkan, rakerda yang akan dilaksanakan ada beberapa agenda yang akan dilaksanakan.

Mulai dari penendatanganan MoU dengan berbagai pihak seperti Dinas KB di kabupaten/kota, beberapa media, beberapa perguruan tinggi dan pihak-pihak yang berhubungan langsung dengan program KB.

Baca Juga: DPRD Sultra Didesak Usut Keracunan Karyawan PT Tonia Mitra Sejahtera

Dia juga mengungkapkan, akan ada dua kelompok narasumber yang akan mengisi kegiatan Rakerda BKKBN Sultra, eksternal dan internal. BKKBN Sultra fokus pada pembahasan penurunan stunting dan program Bangga Kencana yang terdiri dari Program Kependudukan, Pembangunan Keluarga dan Keluarga Berencana.

"Narasumber eksternal ada Bappeda yang fokus soal penguatan anggaran program penurunan stunting, ada Dinas Kesehatan soal intervensi penurunan stunting sejak dini dan Dinas PMD soal dana dasar untuk mendukung penurunan stunting di kabupaten. Sedangkan untuk narasumber internal membahas soal evaluasi kerja tahun lalu dan target serta cara mencapai target di tahun 2022," tutup Muslimin. (B-Adv)

Reporter:  Haidir Ali

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga