Google Luncurkan Gemini AI yang Canggih Saingi Chat GPT-4

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Sabtu, 09 Desember 2023
0 dilihat
Google Luncurkan Gemini AI yang Canggih Saingi Chat GPT-4
Google kembangkan fitur-fitur canggih dengan meluncurkan Gemini AI. Foto: Repro infokomputer.gird.id

" Google menyiapkan Model AI Gemini untuk menggoyahkan dominasi ChatGPT dari OpenAI di pasar chatbot AI. Bahkan, Google mengklaim Gemini jauh lebih pintar dibanding ChatGPT "

KENDARI, TELISIK.ID - Google terus mengembangkan fitur-fiturnya. Google baru saja merilis model kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang diberi nama Gemini.

Semakin banyak penggunaan internet membuat perkembangan AI juga semakin meningkat. Penggunanya terus berkembang seiring perkembangan zaman.

Melansir mediaindonesia.com, Gemini dikategorikan sebagai model dasar dan akan diintegrasikan ke dalam berbagai alat Google, termasuk mesin pencari dan Bard. Menurut analis Gartner, Chirag

Dekate, Gemini menetapkan standar baru dengar kemampuannya untuk belajar dari sumber selain teks seperti gambar, yang dapat memungkinkan inovasi dalam kecerdasan buatan generatif.

Sementara itu, dilansir dari cnnindonesia.com, Gemini adalah model bahasa besar terbaru dari Google yang pertama kali diungkap oleh Pichai pada konferensi pengembang I/O di bulan Juni.

Baca Juga: Kemajuan Teknologi AI dapat Berdampak Buruk di Kehidupan Manusia

Menurut Pichai dan CEO Google DeepMind, Demis Hassabis, ini merupakan lompatan besar dalam model AI yang pada akhirnya akan memengaruhi hampir semua produk Google.

Google menyiapkan Model AI Gemini untuk menggoyahkan dominasi ChatGPT dari OpenAI di pasar chatbot AI. Bahkan, Google mengklaim Gemini jauh lebih pintar dibanding ChatGPT.

Dilansir dari infokomputer.com, Google menyiapkan Gemini Ultra untuk bersaing  langsung dengan GPT-4, Gemini Pro dengan GPT-3.5, dan Gemini Nano dirilis untuk ponsel Android Pixel 8 Pro.

Gemini Pro sudah terintegrasi dengan chatbot Bard berbasis kecerdasan buatan Google, terbatas untuk pengguna berbahasa Inggris di 170 negara. Gemini Nano, melalui pembaruan OTA, mendukung fitur Summarize dan Smart Reply di Pixel 8 Pro.

Google mengklaim bahwa Gemini memiliki kinerja multimodal, mampu memahami teks, gambar, video, audio, dan lainnya. Dalam uji MMLU, Gemini Ultra unggul dalam berbagai mata pelajaran dibandingkan GPT-4, menunjukkan skor di atas 90 persen. Sedangkan, GPT-4 dengan skor 86,4 persen.

Baca Juga: Google akan Hapus Aplikasi Chrome di Android

Gemini Ultra juga melampaui GPT-4 dalam aspek penalaran multifase, pemahaman membaca, kemampuan matematika, dan kemampuan coding.

Keunggulan utama yang dimiliki Gemini terletak pada sifat multimodalnya, yang memungkinkan AI ini bekerja dengan teks, gambar, audio, video, dan kode. Gemini juga dapat mengintegrasikan, memahami, dan beroperasi dengan semua jenis informasi ini secara mulus. Fleksibilitasnya juga memungkinkan Gemini beradaptasi dengan berbagai lingkungan. 

Meskipun Google menyatakan hasil yang menjanjikan, perlu dicatat bahwa angka-angka ini masih perlu diverifikasi oleh peneliti independen. (C)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga