Gubernur, Ketua DPRD dan Bupati Sawer Uang, Wakil Bupati Sebut Berbagi Rezeki

Aris, telisik indonesia
Senin, 04 Juli 2022
0 dilihat
Gubernur, Ketua DPRD dan Bupati Sawer Uang, Wakil Bupati Sebut Berbagi Rezeki
Wakil Bupati Buton Utara, Ahali menanggapi soal video viral di media sosial yang memperlihatkan gubernur, ketua DPRD Sulawesi Tenggara dan Bupati Buton memberikan sawer kepada warga. Foto: Ist.

" Gubernur, ketua DPRD, maupun bupati melakukannya secara spontanitas untuk berbagi rezeki kepada masyarakat, dan tidak direncanakan sebelumnya "

BUTON UTARA, TELISIK.ID - Wakil Bupati Buton Utara, Ahali memberikan tanggapannya soal video yang viral di media sosial.

Video itu memperlihatkan Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi, Ketua DPRD Sulawesi Tenggara Abdurrahman Shaleh (ARS) dan Bupati Buton Utara, Ridwan Zakariah menghambur uang kepada masyarakat yang hadir.

Ahali mengatakan, terkait video viral tersebut, itu bukan menghamburkan uang. Gubernur, ketua DPRD, maupun bupati melakukannya secara spontanitas untuk berbagi rezeki kepada masyarakat, dan tidak direncanakan sebelumnya.

Karena pada saat itu Ahali sendiri yang mengundang gubernur, ketua DPRD, serta bupati menyanyi di panggung untuk menghibur masyarakat.

Pada saat di panggung, Ketua DPRD menyanyi lagu Bento. Karena pada saat di panggung ada gubernur, sehingga masyarakat yang berada di bawah panggung berteriak dengan kata sawer.

"Sawer Pak Gubernur," ungkap Ahali menirukan teriakan masyarakat yang berada di bawah panggung, saat dikonfirmasi melalui telepon, Minggu (3/7/2022) malam.

Baca Juga: Heboh! Gubernur, Ketua DPRD Sulawesi Tenggara dan Bupati Hambur Uang di HUT Buton Utara

Ahali mengungkapkan, kata sawer sudah menjadi kebiasaan yang berlaku di masyarakat bahwa masyarakat menginginkan uang. Sehingga Pak Gubernur sebagai orang tua yang datang mengunjungi keluarga karena ulang tahun Kabupaten Buton Utara, membagikan uang kepada masyarakat Buton Utara yang hadir di bawah panggung.

"Berbagi rezeki (kepada) yang hadir. Karena spontan dia berikan, dia cabut di kantongnya dan itu tidak direncanakan," tambahnya.

Setelah melihat hal itu, kata Ahali, ketua DPRD juga spontan mencabut uang dari kantongnya dan diberikan kepada warga, lalu dilanjutkan dengan Bupati Buton Utara, setelah itu selesai.

"Jadi pada intinya bukan menghambur uang, tetapi berbagi rezeki kepada keluarga yang ada di Buton Utara dengan spontan, terkait dengan ulang tahun Buton Utara," jelasnya.

Hanya saja, Ahali yang juga mantan Kasubdit Indagsi Polda Sulawesi Tenggara itu mengatakan, setelah viralnya video tersebut, muncul penafsiran yang berbeda-beda.

"Tapi sesuai fakta yang ada, tidak seperti yang disuarakan bahwa menghambur-hambur uang. Kata hambur saya kira yang perlu kita luruskan bersama dan tergantung niatnya tidak ada unsur lain selain menghibur warga Buton Utara," ungkap Ahali.

Sementara itu, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kabupaten Buton Utara, Asrif Atmin juga mengatakan itu adalah spontanitas dan tidak direncanakan.

Baca Juga: Rara LIDA Buka Baju Saat Hibur Masyarakat Buton Utara

"Iya spontanitas, dan tidak direncanakan," ungkap Asrif Atmin, Senin (4/7/2022).

Seperti diketahui, beredar sebuah video, Gubernur Ali Mazi bersama Ketua DPRD Sulawesi Tenggara Abdurrahman Shaleh menghambur uang dari atas panggung, saat acara gala dinner di pelataran rumah jabatan Bupati Buton Utara, di Kelurahan Lipu, Kecamatan Kulisusu, Sabtu (2/7/2022) malam.

Gala dinner itu dalam rangkaian HUT Kabupaten Buton Utara ke-15.

Video berdurasi 1 menit 36 detik itu pun ramai di media sosial dan menjadi viral, bahkan menjadi pesan berantai di grup-grup WhatsApp. (B)

Penulis: Aris

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga