Gubernur Sulsel Kena OTT, KPK Amankan Uang Rp 1 Miliar dalam Koper

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 27 Februari 2021
0 dilihat
Gubernur Sulsel Kena OTT, KPK  Amankan Uang Rp 1 Miliar dalam Koper
Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah saat disumpah jabatan. Foto: Repro idntimes.com

" Gubernur Sulsel ditangkap berdasarkan Surat Perintah Penyelidikan No: Sprin.Lidik-98/01/10/2020. "

MAKASSAR, TELISIK.ID - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah terkena operasi tangkap tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK.

Diketahui OTT dilakukan 9 orang petugas KPK di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel Jalan Jendral Sudirman Kota Makassar, Sabtu (27/2/2021), sekira pukul 01.00 Wita.

KPK ikut mengamankan sejumlah orang antara lain, Agung Sucipto (kontraktor, 64 tahun), Nuryadi (sopir Agung Sucipto, 36 tahun), Samsul Bahri (Adc Gubernur Sulsel, Polri,  48 tahun), Edy Rahmat (Sekdis PU Provinsi Sulawesi Selatan) dan Irfandi (sopir Edy Rahmat).

Barang bukti yang diamankan oleh Tim KPK yaitu satu koper uang sebesar Rp 1 miliar yang diamankan di Rumah Makan Nelayan Jalan Ali Malaka, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar.

Gubernur Sulsel ditangkap berdasarkan Surat Perintah Penyelidikan No: Sprin.Lidik-98/01/10/2020.

Tim KPK kemudian membawa Nurdin Abdullah dan rombongan langsung ke Klinik TRANSIT di Jalan Poros Makassar, untuk dilakukan pemeriksaan swab antigen. Untuk persiapan berangkat ke Jakarta melalui Bandara Sultan Hasanudin.

Tim KPK dan rombongan dikawal oleh 4 orang Anggota Detasemen Gegana Polda Sulsel antara lain Iptu. Cahyadi, Bripka Laode Budi, Briptu Sardi Ahmad, dan Bripda M. Syaharuddin.

Baca juga: Oknum Polisi Tembak Mati Anggota TNI AD dan Warga Sipil

Kemudian pada pukul 05.44 Wita rombongan selesai melaksanakan pemeriksaan swab antigen dan menuju Bandara Sultan Hasanudin untuk berangkat ke Jakarta menggunakan pesawat Garuda GA 617 yang kemudian tim dan rombongan memasuki gate 2 untuk keberangkatan ke Jakarta pada pukul 07.00 Wita.

Juru bicara Nurdin Abdullah Veronica Moniaga saat dikonfirmasi mengaku belum bisa menjawab hal tersebut saat ini. Mereka juga masih menunggu informasi.

"Tabe, sejauh ini kami belum bisa mengonfirmasi hal ini sekarang. Secepatnya akan kami kabari apabila sudah terima informasi," kata Vero dilansir Suara.com jaringan Telisik.id, Sabtu (27/2/2021).

Namun, Vero enggan berkomentar saat ditanya lebih lanjut soal dugaan penangkapan tersebut.

Hingga kini, SuaraSulsel.id juga masih berusaha mengkonfirmasi orang terdekat Gubernur Sulsel, juga pihak KPK. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga