H-1 Idul Fitri Kondisi Arus Mudik di Pelabuhan Tobaku Kolaka Utara Normal

Muh. Risal H, telisik indonesia
Kamis, 20 April 2023
0 dilihat
H-1 Idul Fitri Kondisi Arus Mudik di Pelabuhan Tobaku Kolaka Utara Normal
Salah satu area parkir kendaraan roda empat di pelabuhan Tobaku H-2 Idul Fitri tampak sepi, tidak ada lagi antrean panjang kendaraan. Foto: Muh Risal H/Telisik

" Kondisi arus mudik di Pelabuhan Tobaku, Kecamatan Katoi, Kabupaten Kolaka Utara mulai normal pada H-1 Idul Fitri "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Kondisi arus mudik di Pelabuhan Tobaku, Kecamatan Katoi, Kabupaten Kolaka Utara mulai normal pada H-1 Idul Fitri.  

Pantauan Telisik.id, tidak ada lagi antrean panjang Kendaraan Keluarga (KK) juga kendaraan roda dua yang hendak masuk ke kapal KMP New Camellia.

Tumpukan kendaraan di area parkir Pelabuhan Tobaku juga tidak terlihat lagi hingga pemberangkatan kapal II berakhir.

Baca Juga: 7 Titik Posko Keamanan Mudik Muna Barat Terpantau Tertib dan Aman

Menurut Kepala Seksi Keselamatan Dinas Perhubungan (Dishub) Kolaka Utara, Nurdin Aras, ekstra trip yang diberlakukan untuk KMP New Rose cukup efektif mengurai tumpukan kendaraan roda empat yang telah menunggu pemberangkatan selanjutnya hingga berjam-jam.

"Andai tidak ada tambahan trip untuk KMP New Rose kemarin, pasti hari ini kendaraan masih ngantre," ungkap dia, Kamis (20/4/2023).

Kata dia, H-4 Idul Fitri lalu merupakan puncak pemudik menggunakan kendaraan pribadi, bahkan pihaknya menaksir ada sekitar 100 kendaraan yang memilih jalur darat karena enggang menunggu pemberangkatan esok hari.

"Mereka memilih melingkar karena tidak ingin menunggu pemberangkatan berikutnya, sementara di H-3 sekitar 50 kendaraan juga melakukan hal serupa," kata dia.

Meski demikian, jumlah pemudik baik yang menggunakan kendaraan pribadi mau penumpang non kendaraan tahun lalu jauh lebih banyak di banding tahun ini.

"Tahun lalu H-10 sudah mulai padat, saking padatnya tiga kapal yang waktu itu operasi semuanya ekstra trip. Tahun ini hanya New Rose yang dobel trip," ujarnya.

Kepala Cabang PT Afta Trans Mandiri,  Syamsul Bahri mengungkapkan, jumlah kendaraan sudah normal di bandingkan beberapa hari lalu. Pihaknya juga telah mengakomodir 8 kendaraan barang.

"Kendaraan hari ini tidak sepadat dua hari lalu. Tadi KMP New Rose memuat penumpang 360 orang, kendaraan golongan II (motor) 39 unit, KK 49 unit, dan TB 4 unit," urainya.

Sementara KMP New Camellia, lanjutnya, pemberangkatan kedua pukul 14.30 Wita lebih sedikit lagi.

Baca Juga: Kapal Tertunda, Pemudik di Pelabuhan Murhum Baubau Pusing harus Keluar Biaya Ekstra

"Penumpang sekitar 76, motor 19 unit, KK 28 unit, dan TB 4 unit. Paling padat itu kemarin, tercatat ada 137 unit KK, 112 motor dan 657 penumpang terangkut selama tiga kali pemberangkatan," bebernya.

Kata dia untuk pemberangkatan esok hari, tergantung pada putusan Pemerintah Pusat terkait jadwal lebaran. Kalau sebentar malam pemerintah memutuskan lebaran Sabtu (22/4/2023) maka armada tetap operasi normal besok.

"Namun, jika pemerintah memutuskan besok lebaran, maka kapal tidak akan operasi atau libur lebaran," pungkasnya. (B)

Penulis: Muh. Risal H

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga