Kapal Tertunda, Pemudik di Pelabuhan Murhum Baubau Pusing harus Keluar Biaya Ekstra

Elfinasari, telisik indonesia
Kamis, 20 April 2023
0 dilihat
Kapal Tertunda, Pemudik di Pelabuhan Murhum Baubau Pusing harus Keluar Biaya Ekstra
Kapal Pelni KM Lambelu alami keterlambatan pemberangkatan. Foto: Repro Nurcholis.com

" Kapal Pelni KM Lambelu tujuan Kota Makassar menunda waktu keberangkatan karena kapal dari Larantuka terlambat tiba di Pelabuhan Murhum Baubau "

BAUBAU, TELISIK.ID - Akibat padatnya pemudik menjelang hari raya Idul Fitri, kapal Pelni KM Lambelu yang akan menuju Kota Makassar mengalami keterlambatan pemberangkatan.

Grup info Pelni 126 mengumumkan bahwa terjadi penundaan waktu pemberangkatan kapal Pelni KM Lambelu menuju Kota Makassar yang seharusnya berangkat pukul 23.59 WIta pada Rabu (19/4/2023), dimundurkan menjadi Kamis (20/4/2023) pukul 04.00 Wita.

Menurut Kepala Seksi Lalulintas Angkutan Laut dan Usaha Kepelabuhanan KSOP Kelas II Baubau, Hirwan Rasyid, keterlambatan KM Lambelu terjadi akibat keterlambatan datangnya kapal dari Larantuka, dengan rute Larantuka-Baubau-Makassar-Pare-Pare-Balikpapan-Pantoloan-Tarakan-Nunukan.

"Bukan dari Pelabuhan Murhum Baubau yang menunda pemberangkatan karena kapal sudah ada di sini, tapi kapal dari asalnya (Larantuka) belum tiba ke Baubau," ungkapnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa keterlambatan kapal Pelni yaitu KM Sinabung, juga terjadi pada Rabu (19/4/2023), yang berangkat dari pelabuhan dengan rute Banggai-Makassar-Surabaya, seharusnya tiba pada pukul 06.00 Wita dan berangkat pukul 08.00 Wita. Tetapi waktu sudah menunjukkan siang hari ini belum ada juga informasi.

Baca Juga: Meski Kapal Sudah Ditambah 3 Armada, Penumpang Masih Membludak

Ia lalu mengimbau kepada masyarakat yang melakukan mudik agar selalu melihat dan memperhatikan informasi yang disampaikan oleh PT Pelni manakala terjadi penundaan.

Salah seorang pemudik, A.Fattah yang berasal dari Kota Kendari dan akan mudik ke Kota Makassar, merasa kecewa, sebab ia sudah menyusun planning (perencanaan).

Baca Juga: Tak Sabar Menunggu, Puluhan Pengendara Pilih Mudik Jalur Darat

"Saya merasa kecewa karena rugi waktu. Saya seorang PNS, kita juga berburu waktu agar bisa kembali ke tempat kerja tepat waktu," tuturnya.

Ia mengungkapkan, penundaan ini membuatnya rugi dalam hal materi karena uang yang ia persiapkan sudah dibudgetkan dan sudah dia atur. Jika keberangkatan ditunda satu hari lagi, pengeluaran juga bertambah untuk kebutuhan hidup dan juga penginapan, karena dari Kendari, dia menginap di Baubau sambil menunggu kapal yang akan ke Makassar.

Hal serupa juga diungkapkan penumpang lainnya, Rizky. Ia juga merasa kecewa karena sudah melakukan packing barang bawaan untuk berangkat pukul 23.59 Wita, tetapi harus diundur beberapa jam, sehingga dia harus mengeluarkan biaya ekstra. (A)

Penulis: Elfinasari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga