Habib Umar Assegaf Adu Jotos dengan Petugas PSBB

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 21 Mei 2020
0 dilihat
Habib Umar Assegaf Adu Jotos dengan Petugas PSBB
Habib Umar Assegaf (tengah) sedang berdebat dengan petugas PSBB. Foto: Minews.id

" Iya. Ditelusuri dari plat nomor mobil yang digunakan, yang bersangkutan adalah Habib Umar. "

SURABAYA, TELISIK.ID - Habib Umar Assegaf yang dikenal sebagai sosok pemuka agama yang cukup terkenal di Jawa Timur, menyita perhatian warganet baru-baru ini.

Dimana, videonya cekcok atau adu jatos dengan polisi dan dianggap melanggar aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) beredar luas di media sosial.

Dilansir Suara.com, pelanggaran PSBB yang diduga dilakukan oleh Habib Umar Assegaf dibenarkan oleh Polda Jatim, bahwa Habib Umar Abdullah Assegaf, pengasuh Majelis Roudhotus Salaf, Bangil, Pasuruan, sempat adu jotos dengan petugas PSBB, yang kini videonya viral.

"Iya. Ditelusuri dari plat nomor mobil yang digunakan, yang bersangkutan adalah Habib Umar," kata Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, saat dikonfirmasi, Kamis (21/5/2020).

Baca juga: RT Diwarning Jangan Pilih Kasih Data Masyarakat Penerima Bansos

Ada tiga poin kesalahan yang dilakukan Habib Umar Assegaf. Pertama, yang bersangkutan menggunakan pelat kendaraan selain L dan W, maka dilakukan pengecekan juga maksud dan tujuannya datang di Kota Surabaya.

"Ke dua, sopir tidak menggunakan masker dan ke tiga kapasitas melebihi batas empat orang," ujar Truno.

Dalam video yang beredar, tampak dengan jelas mobil yang dinaiki Habib Umar berpelat nomor N 1 B.

Saat kejadian, Habib Umar yang memakai masker dan gamis putih ke luar dari mobilnya. Ia terlihat tak terima dengan keputusan petugas yang memintanya untuk kembali putar balik pulang.

Bahkan ketika petugas kembali mengingatkan, pria bergamis tersebut tetap menolak hingga terjadi aksi saling dorong.

Peristiwa itu terjadi di exit tol Satelit sekitar pukul 17.00 WIB pada, Rabu (20/5/2020).

Sementara itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur membela Habib Umar Assegaf dalam insiden itu.

Baca juga: 45 Warga Bombana Menolak Diswab

Sekretaris MUI Jatim, Ainul Yaqin menyampaikan seharusnya aksi adu dorong petugas PSBB Surabaya dengan Habib Umar Assegaf Bangil itu tak harusnya terjadi.

"Jadi kami sangat menyayangkan kejadian itu. Saya sendiri gak tahu persis kejadian sampai memukul Habib Umar, itu kan orang sepuh, seharusnya aparat paham beliau menggunakan pakaian seperti itu, berarti bukan orang sembarangan," ujar Ainul saat dihubungi SuaraJatim.id, Kamis (21/5/2020).

Penelusuran Suara.com, Habib Umar Abdullah Assegaf merupakan pemuka agama cukup terkenal di Jawa Timur. Ia merupakan pengasuh Majelis Maulid Watta'lim Roudhotussalaf, Bangil, Pasuruan.

Ia disebut-sebut memiliki jamaah puluhan ribu. Habib Umar Abdullah Assegaf juga sering menggelar pengajian rutin di berbagai daerah di Pasuruan.

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Sumarlin

Baca Juga