Harga Baterai Mobil Listrik Ioniq 5, Bisa Beli Avanza

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Selasa, 10 Oktober 2023
0 dilihat
Harga Baterai Mobil Listrik Ioniq 5, Bisa Beli Avanza
Estimasi harga baterai Ioniq 5 Hyundai sekitar 30-40 persen dari harga mobil. Foto: Repro Carmudi.co.id

" Mobil listrik Hyundai Ioniq 5 dibekali dua pilihan baterai bertegangan tinggi (high voltage battery), yaitu 58 kWh (Standard Range) dan 72,6 kWh (Long Range) "

KENDARI, TELISIK.ID - Ioniq 5 merupakan salah satu seri mobil listrik keluaran perusahaan asal Korea Selatan, Hyundai. Mobil listrik Hyundai Ioniq 5 dibekali dua pilihan baterai bertegangan tinggi (high voltage battery), yaitu 58 kWh (Standard Range) dan 72,6 kWh (Long Range).

Dilansir dari Gridoto.com, baterai tegangan tinggi jenis lithium-ion dengan pendingin cairan (liquid cooled) di Hyundai Ioniq 5 ini dapat garansi 8 tahun atau 160.000 km (mana yang tercapai lebih dulu).

Berapa harga battery pack yang digunakan untuk menyimpan listrik buat menjalankan Hyundai Ioniq 5?

"Sampai saat ini kami belum mengeluarkan harga jualnya, tapi estimasi harga baterainya sekitar 30-40 persen dari harga mobil," jelas Suprayetno, Head of Service Planning and Strategy PT Hyundai Motors Indonesia (HMID).

Buat ilustrasi harga on-the road Hyundai Ioniq 5 Signature Long Range Bluelink pada Oktober 2023 di Jakarta Rp 870 juta. Berarti harga battery pack-nya sekitar Rp 261 juta sampai Rp 348 juta.

Baca Juga: Pengguna Mobil Listrik Hyundai di Sultra Baru Tiga Orang

Dengan banderol segitu, bisa buat beli Hyundai Stargazer terbaru nih (Rp 247-336 juta on-the road Jakarta).

Dikutip dari Cnbcindonesia.com, Assembly Processing Engineer Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) Fajar Ahya mengatakan, baterai standar mobil tersebut berkisar di harga Rp 300 juta, bahkan bisa Rp 400 juta untuk yang long range.

Dengan harga berkisar Rp 400 jutaan, uang itu bisa membeli unit Avanza tipe terendah yakni Avanza 1.3 E MT yang dibanderol Rp 235-an juta dengan Brio Satya S MT yang dihargai Rp 265-an juta.  

Baca Juga: Mobil Listrik Lexus Sudah Masuk Indonesia, Segini Harganya

Adapun baterai Ioniq 5 standard range memiliki kapasitas 58 kWh untuk jarak tempuh 350 km. Sedangkan Ioniq 5 Long Range memiliki kapasitas baterai 72,6 kWh sehingga bisa dipakai membawa mobil ini sejauh 480 km.

Saat ini, baterai Ioniq 5 masih diproduksi secara impor. Hyundai baru akan memproduksi mobil secara lokal di tahun depan. Jika rencana itu berjalan lancar, maka harga baterai Ioniq 5 bisa lebih ditekan.

"Alasan baterai (untuk kendaraan listrik) masih mahal itu karena sampai saat ini (Indonesia) masih impor. Jadi dari komponen (baterai) itu kita relatif masih impor," ujar Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko beberapa waktu lalu. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga