Hari Raya Idul Adha Tak Perlu Risau Kolesterol, Cukup Makan Ini

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Rabu, 28 Juni 2023
0 dilihat
Hari Raya Idul Adha Tak Perlu Risau Kolesterol, Cukup Makan Ini
Beberapa jenis makanan ternyata dapat menurunkan kadar kolesterol. Sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk mengonsumsi daging saat Idul Adha. Foto: Repro Nawacita.co

" Anda tak perlu khawatir untuk makan banyak saat Idul Adha. Pasalnya, beberapa makanan bisa jadi penyeimbang tubuh Anda untuk menurunkan kadar kolesterol "

KENDARI, TELISIK.ID - Hari raya Idul Adha biasanya dipenuhi dengan makanan berbahan daging sapi atau kambing hasil penyembelihan kurban, yang tentu saja rawan bagi penderita kolesterol tinggi.  

Meski begitu, Anda tak perlu khawatir untuk makan banyak saat Idul Adha. Pasalnya, beberapa makanan bisa jadi penyeimbang tubuh Anda untuk menurunkan kadar kolesterol.

Dilansir dari Yoursay.suara.com dan Siloamhospitals.com, berikut 5 makanan yang bisa menurunkan kolesterol jika naik saat Idul Adha:

1. Beras Merah

Selain baik dikonsumsi untuk seorang yang sedang menjalani diet, beras merah juga dapat menurunkan kadar kolesterol. Dalam beras merah terkandung vitamin B, selenium, magnesium dan fitonutrien yang dapat menurunkan kadar lemak dalam darah. Kandungan serat yang tinggi dalam beras merah dapat membantu menurunkan gula darah.

Baca Juga: Tips Makan Agar Kolesterol Terjaga

2. Seledri

Dalam seledri terkandung antioksidan yang tinggi. Bermanfaat dalam mencegah oksidasi LDL. Kamu bisa olah seledri dalam sup, ditumis atau juga bisa dijadikan minuman dengan di jus.

3. Terong

Siapa sangka bahwa ternyata terong juga dapat menurunkan kadar kolesterol. Dalam terong terkandung asam klorogenat yakni antioksidan yang bukan hanya dapat membantu mencegah kanker namun juga antibakteri dan antivirus. Asam klorogenat ternyata juga dapat menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat).

4. Buncis

Baca Juga: Buah Penurun Kolesterol Cocok Dikonsumsi Usai Santap Makanan Lebaran Idul Adha 2023

Sayuran satu ini juga dapat menurunkan kadar kolesterol. Buncis dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah karena kandungan serat larut dan tidak larut di dalamnya. Untuk dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, setidaknya kamu perlu mengkonsumsi 2-10 gram serat larut setiap harinya.

5. Bayam

Sayuran hijau sejuta umat bayam, ternyata juga dapat menurunkan kadar kolesterol. Para ahli menganggap bahwa bayam efektif menurunkan kolesterol. Bukan hanya itu, sayuran ini juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung apabila dikonsumsi secara rutin. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga