Hasil Cipta Kondisi, Sembilan Tersangka Pemilik Sajam Ditahan

Sunaryo, telisik indonesia
Selasa, 08 Desember 2020
0 dilihat
Hasil Cipta Kondisi, Sembilan Tersangka Pemilik Sajam Ditahan
Kasat Reskrim Polres Muna, IPTU Hamka bersama Danki Brimob, IPTU Brilyan dan perwakilan Kodim memperlihatkan barang bukti sajam dan tersangka. Foto: Sunaryo/Telisik

" Dari para tersangka ini rata-rata didapati langsung membawa sajam jenis badik, parang dan busur. "

MUNA, TELISIK.ID - Menjelang pemungutan suara Pilkada 9 Desember, Polres Muna bersama TNI dan Satuan Brimob Polda Sultra masif melakukan giat patroli cipta kondisi.

Hasilnya, tim gabungan berhasil mengamankan sedikitnya sembilan orang tersangka yang kedapatan membawa senjata tajam (sajam).

"Dari sembilan tersangka, satu merupakan anak di bawah umur," kata Kapolres Muna, AKBP Debby Asri Nugroho melalui Kasat Reskrim, IPTU Hamka disela-sela press realese hasil Cipkon gabungan TNI/Polri, Selasa (8/12/2020).

Para tersangka diamankan di tempat berbeda. ZZ didapati membawa badik di Jalam Jenderal Sudirman, SG di Jalan Lumba-Lumba, LJ di Wapunto, LK, AK, H, H di Watonea, MI di Desa Bangkali dan YN di Jalan Delima.

"Dari para tersangka ini rata-rata didapati langsung membawa sajam jenis badik, parang dan busur," ungkapnya.  

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatanya, para tersangka dijerat pasal 2 ayat 1 UU nomor 12/DRT/1991 tentang senjata tajam dengan ancaman pidana 10 tahun.

Baca juga: Diculik, Gadis di Kendari Dilecehkan Kehormatannya Selama Lima Hari

"Para pelaku sudah kita tahan untuk melengkapi berkas yang selanjutnya akan dilimpahkan ke Kejari," ujarnya.

Selain mengamankan para tersangka, tim gabungan juga berhasil mengamankan beberapa sajam tak bertuan di posko-posko pemenangan pasangan calon (Paslon) bupati-wakil bupati Muna.

Mantan Kasat Narkoba itu berharap dengan adanya giat Cipkon menjelang Pilkada, daerah bisa aman dan kondusif, sehingga masyarakat dapat menyalurkan hak suaranya di tempat pemungutan suara (TPS) dengan nyaman.

Sementara itu, Danki Brimob Polda Sultra, IPTU Briliyan menerangkan, pasukanya akan terus membackup Polres dan Kodim 1416 Muna dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban daerah.  

"Kami himbau pada seluruh lapisan masyarakat agar tetap menjaga kamtibmas, sehingga proses Pilkada bisa berjalan sukses," imbaunya. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga