Tukar Surat Tilang dengan Sekarung Bawang, Kapolda: "Blender Polisi Itu"

M Risman Amin Boti, telisik indonesia
Rabu, 03 November 2021
0 dilihat
Tukar Surat Tilang dengan Sekarung Bawang, Kapolda:
Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran. Foto: Repro detik.com

" Yang terjadi bahwa setelah diperintah berbalik arah, ada satu pelanggaran yang dibuat sopir tersebut. Atas Pelanggaran si sopir ini tidak dilakukan penilangan tetapi ditukar dengan satu karung bawang putih "

JAKARTA,TELISIK.ID - Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran disebut telah menjatuhi hukuman secara tegas terhadap personel Polantas yang videonya viral di media sosial.

Diketahui, oknum Polisi Lalu Lintas (Polantas), Aipda PDH melakukan pungli menukar surat tilang dengan sekarung bawang. Akibatnya, kini PDH dimutasi ke Bintara Yanma Polda Metro Jaya.

"Kapolda Metro Jaya menginstruksikan agar oknum Polantas itu diperiksa Propam. Jadi apa yang dilakukan terhadap PDH merupakan bentuk tindakan tegas kepada anggota polisi yang bertugas tidak sesuai prosedur," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus, Rabu (3/11/2021).

Adapun kronologis kejadian, Yusri menjelaskan, kejadian itu terjadi pada 1 November, sekitar pukul 18.00 WIB, ketika Aipda PDH tengah melakukan patroli di sekitar jalan Bandara Soetta, lantas melihat ada truk.

Truk berpelat BG dari daerah Sumatera, lalu diberhentikan dan dicek kelengkapan surat-surat si pengemudi truk dan memang pengemudi tidak membawa surat-surat.

"Yang terjadi bahwa setelah diperintah berbalik arah, ada satu pelanggaran yang dibuat sopir tersebut. Atas Pelanggaran si sopir ini tidak dilakukan penilangan tetapi ditukar dengan satu karung bawang putih," ujar Yusri.

"Ini yang viral di medsos. Tindak lanjut yang sudah dilakukan oleh Polda Metro Jaya kemudian memanggil yang bersangkutan dan melakukan pemeriksaan," tambahnya.

Baca Juga: Kejati Sultra Pamer Uang Senilai Rp 14 Miliar Lebih

Baca Juga: Mantan Bendahara dan Sekwan Mubar Bisa Ajukan Penangguhan Penahanan

Sementara, pantauan tim Telisik.id dari peristiwa tersebut, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran juga merespon melalui akun media sosial.

Fadil menyebut, oknum polisi yang meminta sekarung bawang kepada sopir truk yang hendak ia tilang akan 'diblender' sesuai dengan janjinya sebelumnya.

"BLENDER," tulis Fadil dikutip di akun Instagram @kapoldametrojaya, Rabu (3/11/2021).

Fadil menegaskan, pihaknya tidak akan ragu-ragu menindak oknum polisi bermasalah yang mencoreng institusi Polri.

"Kami tidak akan ragu menindak oknum yang berulah. Salam FI," lanjutnya. (B)

Reporter: M. Risman Amin Boti

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga