Hasil Melimpah, Surunuddin Apresiasi Poktan Sidomulyo

Hamka Dwi Sultra, telisik indonesia
Rabu, 22 Juli 2020
0 dilihat
Hasil Melimpah, Surunuddin Apresiasi Poktan Sidomulyo
Surunuddin Dangga melaksanakan panen hasil tanam Poktan Sidomulyo. Foto: Ist.

" Sebagai bentuk apresiasi, saya memberikan satu unit alat mesin pertanian (Kultivator) untuk Poktan Sidomulyo agar bisa lebih mengembangkan potensi perkebunan yang berada di wilayahnya. "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Kelompok Tani (Poktan) Sidomulyo menggelar Expo Mini hasil tanaman holtikultura di Areal Perkebunan Unit Pemukiman Transmigrasi (UPT) Tolihe, Kecamatan Palangga, Konawe Selatan (Konsel) dengan hasil yang memuaskan, pada Rabu, (22/7/2020).

Keberhasilan Poktan Sidomulyo berkat adanya sinergi antara pemerintah daerah (Pemda) dengan pelaku sektor pertanian dan perkebunan yang ada di Konsel.

Dari hasil yang melimpah, Poktan Sidomulyo mendapat apresiasi dari Bupati Konsel, Surunuddin Dangga, atas eksistensinya yang mampu menunjukkan hasil kerja kerasnya dengan hasil panen yang memuaskan.

Dalam kesempatan tersebut, Surunuddin memberikan penghargaan kepada Poktan Sidomulyo yang dianggap telah berhasil mengembangkan sektor pertanian dan perkebunan di Konsel.

"Sebagai bentuk apresiasi, saya memberikan satu unit alat mesin pertanian (Kultivator) untuk Poktan Sidomulyo agar bisa lebih mengembangkan potensi perkebunan yang berada di wilayahnya," jelas Surunuddin.

Baca juga: Dua Kecamatan Baru Terendam Banjir di Konawe, Total Terdampak 12.416 Jiwa

Hal tersebut diberikan, sebagai upaya stimulus bagi Poktan lainnya di Konsel agar mampu mengikuti capaian hasil dari Poktan Sidomulyo.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Konsel, Hidayatullah serta Sekdis Perkebunan dan Holtikultura Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Konsel, Hidayatullah mengatakan, luas areal lahan yang telah diolah Poktan Sidomulyo adalah 20 Hektare dan catatan hasil panen periode April-Juni untuk sejumlah hasil perkebunan seperti Cabai, Tomat, Gambas dan Mentimun mencapai angka 50 ton.

"Hasil panen didistribusikan di sejumlah pasar tradisional yang ada di Konsel. Alhamdulillah, hasil panennya bisa cepat laku terjual," kata Hidayatullah.

Sementara itu di kesempatan yang sama, terlihat pihak Dinas Perkebunan dan Holtikultura Sultra juga menyerahkan sejumlah bantuan peralatan pasar tani untuk Poktan Sidomulyo.

Reporter: Hamka Dwi Sultra

Editor: Kardin

Baca Juga