Hasil Survei THI Menang Telak, TERBAIK Dianggap Paslon Istimewa

Sunaryo, telisik indonesia
Rabu, 02 Desember 2020
0 dilihat
Hasil Survei THI Menang Telak, TERBAIK Dianggap Paslon Istimewa
Berdasarkan hasil survei THI, Paslon TERBAIK unggul dibandingkan pesaingnya. Foto: Ist.

" Dengan hasil survei itu menunjukan TERBAIK adalah Paslon istimewa. "

MUNA, TELISIK.ID - Lembaga survei The Haluoleo Institute (THI) telah merilis keunggulang beberapa calon bupati di Sultra. Salah satunya di Kabupaten Muna.

Lembaga survei resmi yang terdaftar di KPU itu menunjukkan keunggulan pasangan calon (Paslon) nomor urut 1, LM Rusman Emba-Bachrun Labuta (TERBAIK) atas rivalnya, Paslon nomor urut 2, LM Rajiun Tumada-La Pili (RAPI) dengan persentase 62,7 persen dan 21,4 persen.

Jubir Paslon TERBAIK, La Ode Muamar Kadhafi menerangkan, hasil survei THI juga diperkuat dengan rilis survei internal beberapa pihak lain. Dimana, rata-rata menunjukkan keunggulan Paslon TERBAIK.

"Dengan hasil survei itu menunjukan TERBAIK adalah Paslon istimewa," kata Kadhafi.

Kadhafi menuturkan, paslon TERBAIK ditempatkan pasa posisi calon istimewa karena, nama Rusman Emba dan Bachrun Labuta sangat melekat di memori pemilih pada uji top of mind. Kemudian, memiliki popularitas tertinggi.

Ia menerangkan, hasil survei yang dirilis THI adalah survei ilmiah yang bertanggung jawab, dilakukan oleh lembaga kredibel. Survei dari lembaga kredibel dan tersertifikasi seperti ini cenderung selalu berbanding lurus dengan hasil akhir yang diumumkan lembaga penyelenggara pemilu.

Baca juga: Empat Penantang Berpeluang Depak Petahana

"Hasil survei THI yang menunjukkan  keunggulan Paslon TERBAIK sebesar 62,7 persen, mendekati angka capaian target yang ditetapkan yakni 65 persen," sebutnya.

Menurutnya, hasil survei THI tidak saja  menambah optimisme, tapi juga bisa jadi suplemen untuk memenuhi target kemenangan bagi Paslon TERBAIK. Selain itu, terdapat kesesuaian hasil survei THI dengan hasil analisa faktual relawan berdasarkan data pemilih tetap di seluruh desa dan kelurahan.

"Hasil analisa relawan dengan basis DPT cukup detail. Peta dukungan pemilih terhadap kontestan terlihat lebih fokus. Secara umum Paslon TERBAIK masih tetap dominan jelang hari pencoblosan," ungkapnya.

Paslon TERBAIK sesungguhnya sudah berada di posisi aman. Bukan menang, tetapi unggul. Nah, saat ini yang perlu dijaga adalah mempertahankan ada hasil survei itu, karena hanya 'rupiah' yang bisa membali keadaan ini.

"Paslon TERBAIK bisa dikalahkan ketika terjadi praktek curang transaksional. Apalagi, swing voter sebesar 31,1 persen berdasarkan hasil survei THI adalah potensi besar yang bisa dan mudah diarahkan dengan uang," tukasnya. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga