Empat Penantang Berpeluang Depak Petahana

Musdar, telisik indonesia
Rabu, 02 Desember 2020
0 dilihat
Empat Penantang Berpeluang Depak Petahana
Empat petahana di posisi teratas Polling Pilkada Telisik. Foto: Repro Medcom.id

" Posisi ini dapat berubah karena polling masih akan dibuka sampai 5 Desember 2020. "

KENDARI, TELISIK.ID - Empat Paslon penantang dari tujuh daerah yang akan menggelar Pilkada di Sultra, berpeluang mendepak petahana.

Potensi terdepaknya petahana diketahui berdasarkan hasil sementara Polling Pilkada Telisik yang masuk hingga 1 Desember 2020.

Polling yang dibuka sejak 1 Oktober 2020 ini menunjukkan empat penantang di posisi teratas dengan jumlah vote terbanyak dari petahana.

Keempat penantang itu ada di Pilkada Konawe Selatan, dari 297 responden, Paslon penantang Rusmin Abdul Gani-Senawan Silondae (RAG-SS) unggul 38,4 persen, disusul penantang lainnya, Muh Endang-Wahyu Ade Pratama (EWAKO) 36 persen, sementara Paslon petahana Surudddin Dangga-Rasyid (SUARA) hanya 25,6 persen.

Di Kolaka Timur dari 232 responden, Paslon penantang, Samsul Bahri Madjid-Andi Merya Nur (SBM) unggul 55,6 persen dari Paslon penantang Toni Herbiansyah-Baharuddin (BERSATU) 44,4 persen.

Wakatobi, dari 303 responden, Paslon penantang Haliana-Ilmiati Daud (HATI) unggul 52,1 persen dari Paslon petahana Arhawi-Hardin Laomo (HALO) 49,5 persen.

Buton Utara dari 246 responden, Paslon penantang, Ridwan Zakariah-Ahali (RIDA) unggul 48,9 persen dari Paslon petahana Abu Hasan-Suhuzu (AHS) hanya 27,6 persen, kemudian paslon penantang lainnya Aswadi Adam-Fahrul Muhammad (AS-RUL) tertinggal 23,2 persen.

Baca juga: PAN Sultra Optimis Menangkan Pilkada di Tujuh Kabupaten

"Posisi ini dapat berubah karena polling masih akan dibuka sampai 5 Desember 2020," kata IT Support Telisik.id, Saydul Akram.

Sementara itu, untuk posisi petahana yang berada di posisi atas dari penantangnya di antaranya terjadi di Pilkada Konawe Utara, yaitu dari 201 responden, Paslon petahana Ruksamin-Abu Haera (RABU) unggul 61,7 persen dari Paslon penantang Raup-Iskandar Zulkarnain Mekuo (NKRI) 38,3 persen.

Konawe Kepulauan dari 234 responden, Paslon petahana Amrullah-Andi Muh Lutfi (BERAMAL Jilid II) unggul dengan 36,3 persen, disusul Paslon penantang yakni Oheo Sinapoy-Mutaqqin Siddiq (OMBAK) 24,8 persen, Musdar-Ilham Jaya Maal (MULYA) 21,4 persen dan Abdul Halim-Taslim Untung (FBW) 17,5 persen.

Kemudian, Pilkada Kabupaten Muna, dari 325 responden, Paslon petahana, LM Rusman Emba-Bahrun Labuta (TERBAIK) unggul 53,8 persen dari penantangnya LM Rajiun Tumada-La Pili (RAPI) 46,2 persen.

Saydul menegaskan, Polling Pilkada Telisik.id dikelola secara profesional, bersifat terbuka dan independen atau tidak berpihak kepada siapa pun serta bukan untuk kepentingan partai, pihak tertentu dan tidak bersifat kampanye.

“Polling dibuka agar lebih mengenalkan dan mengukur potensi calon kepala daerah yang berkompetisi kepada masyarakat luas,” tutup Saydul.

Bagi anda yang ingin menentukan dan memberikan dukungan kepada calon pilihan anda, silakan klik dan vote disini: https://telisik.id/polling/. (B)

Reporter: Musdar

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga