Hati-Hati, Ini 5 Bahaya Terlalu Banyak Makan Pedas

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 10 Juni 2022
0 dilihat
Hati-Hati, Ini 5 Bahaya Terlalu Banyak Makan Pedas
Masakan bercita rasa pedas siap disantap. Foto: Repro rimma.co

" Salah satu jenis makanan yang banyak digemari masyarakat adalah masakan bercita rasa pedas "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu jenis makanan yang banyak digemari masyarakat adalah masakan bercita rasa pedas, baik masakan yang berkuah maupun yang kering.

Dikutip dari hellosehat.com, selain menambah cita rasa dan nafsu makan, makanan pedas sering kali disebut bisa membuat tubuh Anda sehat.

Rasa pedas dan sensasi panas yang dihasilkan cabai sebenarnya disebabkan oleh senyawa kimia aktif dalam cabai yang disebut capsaicin.

Tidak hanya menggugah selera Anda, makanan pedas juga memiliki manfaat bagi tubuh Anda, salah satunya meningkatkan metabolisme tubuh.

Namun meskipun memberikan manfaat kesehatan, makanan pedas yang dikonsumsi berlebihan tentu akan memiliki dampak yang tidak baik untuk tubuh.

Lantas bagaimana bahaya terlalu banyak makan pedas?

Melansir Suara.com - jaringan Telisik.id, berikut bahaya jika keseringan makan pedas:

1. Diare

Diare menjadi efek umum yang ditimbulkan dari terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas. Zat capsaicin yang masuk ke dalam perut secara berlebihan dapat membuat lapisan perut dan usus iritasi.

Baca Juga: Takut Paparan Matahari? Boleh Jadi Gejala Heliophobia

Hal ini akan menyebabkan perut terasa terbakar, mual hingga muntah serta mengalami diare yang dapat mengganggu aktivitas.

2. Refluks Asam

Bagi penderita penyakit asam lambung, mengonsumsi makanan terlalu pedas dapat berbahaya bagi kesehatan lambung karena dapat menyebabkan refluks asam.

Refluks asam merupakan kondisi kadar asam lambung naik hingga kerongkongan. Jika asam lambung naik ke kerongkongan dapat menyebabkan penyakit serius, seperti kanker mulut maupun kanker nasofaring.

3. Insomnia

Insomnia dapat terjadi kepada seseorang yang mengonsumsi makanan terlalu pedas. Hal ini bisa saja terjadi ketika menjelang tidur malam. Kualitas tidur akan menurun karena mengalami sakit perut hingga tidak nyaman saat berbaring.

4. Muncul Jerawat

Tidak hanya ditimbulkan dari alergi, debu ataupun skincare yang tidak cocok dengan kondisi kulit, makan pedas juga dapat menimbulkan jerawat yang tidak dapat terkendali. Makanan pedas dapat menyebabkan peradangan. Peradangan inilah yang dapat mempengaruhi kondisi kulit menjadi merah hingga timbul jerawat.

Baca Juga: Catat, 5 Rempah Ini Bisa Jadi Pengganti Gula untuk Masakan Anda

5. Mengurangi Sensitivitas Lidah

Bagi seseorang yang suka makan pedas, bisa saja sensitivitas lidah semakin berkurang. Hal ini dapat membuat seseorang sulit untuk menentukan porsi makan pedas yang lebih telorir yang bisa menyebabkan berbagai penyakit lainnya dalam tubuh. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga