Tips Masak Nasi Rendah Gula dari dr Zaidul Akbar, Tambahkan Bahan Ini

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Selasa, 19 September 2023
0 dilihat
Tips Masak Nasi Rendah Gula dari dr Zaidul Akbar, Tambahkan Bahan Ini
Ahli kesehatan sekaligus pendakwah dr Zaidul Akbar, membagikan cara mudah mencegah lonjakan gula darah usai mengonsumsi nasi putih. Foto: Repro Gayo.tribunnews.com

" Bagi Anda yang mungkin penderita diabetes atau jika ingin mencegah diabetes, bisa mencoba resep dari dr Zaidul Akbar "

KENDARI, TELISIK.ID – Nasi putih dikenal sebagai sumber karbohidrat yang punya kadar gula tinggi dibanding makanan pokok lainnya. Hal ini dikatakan berbahaya bagi penderita diabetes yang harus membatasi konsumsi gula.

Bagi Anda yang mungkin penderita diabetes atau jika ingin mencegah diabetes, bisa mencoba resep dari dr Zaidul Akbar berikut ini. Dilansir dari Aceh.tribunnews.com, ahli kesehatan sekaligus pendakwah, dr Zaidul Akbar, membagikan cara mudah mencegah lonjakan gula darah usai mengonsumsi asupan nasi putih.

Masalah lonjakan kadar gula darah kerap terjadi setelah mengonsumsi nasi putih hingga konsumsi korbohidrat olahan. Tentunya lonjakan gula darah ini menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian orang, terutama setelah mengonsumsi makanan yang kurang baik untuk kesehatan.

Parahnya, risiko naiknya gula darah bisa berujung diabetes. Menurut dr Zaidul Akbar yang dikenal sebagai pakar obat hebal, ada banyak masalah kesehatan yang ditimbulkan apabila gula darah naik, termasuk penyakit berat.

"Bukan hanya kencing manis ya, darah tinggi, autoimun, stroke, jantung, biasanya gak jauh-jauh dari masalah naiknya gula darah terus menerus, sehingga akhirnya tubuh letih dan mulailah konslet di sana sini," katanya dikutip Serambinews.com dari akun Instagram @zaidulakbar.

Dokter Zaidul Akbar melanjutkan, tubuh manusia ibarat sebuah mesin, jika ada satu alat yang tidak berfungsi dengan baik pada mesin tersebut, maka akan banyak masalah yang ditimbulkan.

Baca Juga: 9 Penyebab Diabetes di Usia Muda yang Harus Diwaspadai

"Ibarat sebuah mesin yang akibat arus listik yang tak stabil misalnya, maka onderdil dalam mesin tubuh pasti akan banyak masalah, meski kita gak sama dengan mesin, jauh lebih komplek urusannya, sekedar ilustrasi saja," sambungnya.

Justru kata dr Zaidul Akbar, penyakit darah tinggi yang selama ini dikenal disebabkan oleh garam, ternyata faktor ini bisa juga disebabkan karena naik turunnya gula darah.

"Urusan darah tinggi sekalipun, aslinya bukan hanya urusan garam yang selama ini katanya jadi biang kerok (karena garam refinasi sih sebenarnya) padahal urusan naik turunnya gula darah ini malah kontributor utama di penyakit tersebut," imbuhnya.

Lebih lanjut, dr Zaidul Akbar menerangkan, ada sembilan cara untuk mencegah lonjakan kadar gula darah di dalam tubuh yang sering dialami setelah makan.

Dikutip dari Harianterbit.com, beberapa cara berikut ini sangat efektif dalam mengontrol agar gula darah tak langsung melesat setelah mengonsumsi gula olahan atau karbo olahan yang biasanya miskin serat atau enzim.

1. Jangan konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat olahan atau gula olahan. Sebagai solusi, dr Zaidul Akbar menganjurkan pilihlah karbohidrat yang berserat.

2. Konsumsi sayur terlebih dahulu sebelum konsumsi yang mengandug karbohidrat.

3. Karbohidrat dimakan terakhir, utamakan sayur dan protein dahulu dikonsumsi, seperti lalapan.

4. Campurkan biji-bijian ke dalam nasi putih dan dimasak bersamaan.

Baca Juga: 3 Jenis Beras Tak Bikin Gula Darah Naik, Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

5. Campurkan virgin coconut oil (VCO) atau minyak zaitun extra virgin ke dalam nasi secukupnya.

6. Masukkan rempah ke dalam nasi seperti serai, bawang putih, jahe, bawang merah. Semuanya dicampur dalam bentuk irisan kecil. "Itu rempah dimakan ya waktu makan nasinya, jangan dimuntahin," katanya.

7. Berjalanlah 10 menit setelah makan atau 40 langkah lebih kurang.

8. Minum cuka (apel, madu, nanas) 1 sdt campur air sebelum makan nasi.

9. Puasa. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 


* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga