Ombudsman Sultra Sebut 500 TKA China Belum Dapat Visa

Kardin, telisik indonesia
Selasa, 28 April 2020
0 dilihat
Ombudsman Sultra Sebut 500 TKA China Belum Dapat Visa
Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sultra, Mastri Susilo. Foto: Ist.

" Sudah kita konfirmasi, belum ada informasi terkait kedatangan TKA tersebut karena belum diterbitkan Visa dari KBRI Beijing. Kemudian Menaker juga sudah menerbitkan RPTKA. "

KENDARI, TELISIK.ID - Adanya kabar terkait kedatangan 500 Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China di Sulawesi Tenggara (Sultra), langsung mendapat respon dari Ombudsman RI Perwakilan Sultra.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sultra, Mastri Susilo menerangkan, pihaknya telah mengonfirmasi kabar datangnya 500 TKA tersebut ke pihak Imigrasi Kendari.

Ombudsman juga kata Mastri, telah mengonfirmasi ke Dinas Nakertrans Sultra bahwa, telah diterbitkan Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing (RPTKA).

Baca juga: Rencana Kedatangan 500 TKA Tiongkok Ditolak Gubernur dan DPRD

"Sudah kita konfirmasi, belum ada informasi terkait kedatangan TKA tersebut karena belum diterbitkan Visa dari KBRI Beijing. Kemudian Menaker juga sudah menerbitkan RPTKA," ujar Mastri Susilo, Selasa (28/4/2020).

Olehnya itu kata Mastri, Ombudsman Sultra mendukung penuh Pemprov, Forkominda untuk menolak kedatangan TKA dan menyarankan gubernur segera berkoordinasi dengan Kemenakertrans agar membatalkan atau menunda penerbitan RPTKA sampai wabah COVID-19 berakhir.

Katanya, Ombudsman Sultra juga telah berkoordinasi dengan anggota Ombudsman RI dalam rangka mensuport terkait dengan informasi tersebut di Kemenaker RI dan KemenkumHam.

"Apalagi saat ini semua penerbangan domestik untuk penumpang sudah dihentikan sampai bulan Juni, sehingga tidak ada alasan Pemerintah Pusat untuk mengijinkan TKA datang ke Sultra," pungkasnya.

Reporter: Kardin

Editor: Sumarlin

Baca Juga