Idul Fitri 1443 H Segera Tiba, Stok Bahan Pokok di Jatim Aman

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Selasa, 26 April 2022
0 dilihat
Idul Fitri 1443 H Segera Tiba, Stok Bahan Pokok di Jatim Aman
Gubernur Khofifah saat sidak pasar. Foto: Ist.

" Menjelang Lebaran ini terjadi kenaikan untuk komoditi tertentu, tetapi beras dan gula stabil "

SURABAYA, TELISIK.ID - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Paranwansa memastikan stok dan suplai bahan kebutuhan pokok di Jatim aman menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

"Jadi pada dasarnya stok aman, suplai aman. Stok cukup suplainya bagus, kecuali minyak goreng," ujar Gubernur Khofifah, Selasa (26/4/2022).

Lebih lanjut mantan Mensos ini menyampaikan bahwa menjelang Lebaran ini terjadi kenaikan untuk komoditi tertentu, tetapi beras dan gula stabil.

Khofifah memastikan kenaikan harga tidak terlalu menggelisahkan dan dirasa masih normal, mengingat menjelang Lebaran, kecuali minyak goreng.

"Saya cek harga daging ada kenaikan Rp 5.000 sampai Rp 10.000 untuk kualitas premium. Kemudian daging ayam ada kenaikan Rp  2.000 sampai 3.000 di atas HET. HET-nya Rp 35.000, kemudian daging ayam di sini dijual Rp 37.000 sampai Rp 38.000," urainya.

Baca Juga: Sempat Tertunda Akibat COVID-19, Jemaah Haji Wakatobi Bakal Diberangkatkan Tahun ini

Hal berbeda terjadi pada komoditi cabai. Cabai merah mengalami kenaikan Rp 3.000 hingga Rp 5.000 per kilogram. Sedangkan cabai rawit cenderung mengalami penurunan harga.

"Cabai rawit cenderung harganya turun, cabai merah tiga hari ini mengalami kenaikan sampai dengan Rp 3.000 hingga Rp 5.000," imbuh Khofifah.

Baca Juga: Sempat Vakum 2 Tahun, Pasar Malam di Konawe Kembali Digelar

Kemudian, yang menjadi perhatian lainnya adalah stok dan suplai minyak goreng. Gubernur Khofifah mengatakan bahwa pada dasarnya stok ada tetapi harga mengalami penyesuaian cukup signifikan.

"Yang jadi pekerjaan rumah sekarang ini adalah harga minyak goreng yang di seluruh Indonesia mengalami kenaikan yang harus dimaksimalkan dengan mendistribusikan migor curah," ungkap ketum Muslimat NU ini. (C)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga