Ikut Tangkap Bupati Langkat saat OTT, Ini Peran Kapolda Sumut

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Kamis, 27 Januari 2022
0 dilihat
Ikut Tangkap Bupati Langkat saat OTT, Ini Peran Kapolda Sumut
Kapolda Sumut, Irjen Pol Panca Putra ketika diwawancarai awak media ketika melakukan penyelidikan di sekitar kediaman Bupati Langkat non aktif Terbit Rencana. Foto: Reza Fahlefy/Telisik

" Jenderal bintang dua ini turut serta mengamankan Terbit Rencana Perangin-angin yang kini menjadi tahanan KPK di Jakarta "

MEDAN, TELISIK.ID - Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Pol Panca Putra mempunyai peran yang penting ketika Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) Bupati Langkat Terbit Rencana Perangin-angin.

Bahkan, jenderal bintang dua ini turut serta mengamankan Terbit Rencana Perangin-angin yang kini menjadi tahanan KPK di Jakarta.

"Saya langsung ikut mengamankan Bupati Langkat dari satu lokasi di Kabupaten Langkat," ungkapnya kepada awak media, Rabu (26/1/2022) malam.

Kapolda Sumut mengaku prihatin, karena Terbit Rencana Perangin-angin melakukan aksi korupsi kolusi nepotisme (KKN). Semua proyek di daerah itu banyak dikuasai oleh abangnya yang juga diamankan KPK.

"Jadi, kami dari Polda Sumut dan KPK sudah banyak mendapatkan informasi prilaku Bupati Langkat, lalu didalami dan disusun startegi. Waktu yang tepat, lalu dia diamankan," ungkapnya.

Informasi yang dihimpun, Terbit awalnya sedang berada di kediamannya karena baru pulang dari sawah, Selasa (18/1/2022) sore.

Baca Juga: 2 Prajurit TNI Gugur Usai Kontak Tembak dengan KKB Papua Subuh Tadi

Namun dia tahu KPK akan datang ke rumahnya, sehingga dia melarikan diri, namun dengan sigap KPK bersama Polda Sumut melakukan penangkapan.

"Setelah ditangkap, dia dimasukkan ke dalam mobil dan dibawa ke Mapolres Langkat. dia langsung saya tanya mengenai prilakunya yang melakukan dugaan korupsi," tuturnya.

Selain itu, Kapolda Sumut juga membawa Terbit Rencana Perangin-angin dari Mapolres Langkat ke Mapolres Binjai. Selanjutnya dibawa ke Bandara Kualanamu Internasional Airport (KNIA) untuk memastikan diterbangkan ke Jakarta oleh tim KPK.

Baca Juga: Dinas PMD Konawe Belum Terima Berkas Pengajuan Pencairan DD Tahun 2022

"Jadi, tim sudah mengetahui prilakunya. Sehingga dilakukan penyelidikan dan akhirnya menangkapnya. Atas penangkapan Bupati Langkat Terbit Rencana, kami dari Polda Sumut mengimbau kepada kepala daerah agar menghindari prilaku korupsi," ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, KPK melakukan OTT di Kabupaten Langkat Provinsi Sumatera Utara, Selasa (18/1/2022) malam.

Selanjutnya, petugas KPK bersama dengan tim Brimob Polda Sumut bersenjata lengkap melakukan penggeledahan di rumah Bupati Langkat Terbit Rencana Perangin-angin.  (C)

Reporter: Reza Fahlefy

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga