adplus-dvertising

Ilmuwan Temukan 5 Struktur Misterius di Bawah Lapisan Tebal Es Greenland

Haidir Muhari, telisik indonesia
Selasa, 14 September 2021
295 dilihat
Ilmuwan Temukan 5 Struktur Misterius di Bawah Lapisan Tebal Es Greenland
Di balik lapisan es tebal greenland memiliki 5 struktur misterius. Foto: Repro Greenland.go

" Greenland adalah wilayah yang masih misterius karena menyimpan banyak hal yang belum dikenali manusia. "

KENDARI, TELISIK.ID - Greenland adalah wilayah yang masih misterius karena menyimpan banyak hal yang belum dikenali manusia.

Greenland dikenali dengan lapisan esnya yang tebal. Sehingga menjadi daerah dengan bongkahan-bongkahan es besar yang tak terhingga.

Dilansir dari Kumparan.com, orang pertama yang berhasil menjelajahi kejamnya daratan Greenland adalah Fridtjof Nansen pada tahun 1888.

Nansen mengabadikan petualangannya di kutub utara sebagai "petualangan besar es, sedalam dan semurni tak terhingga."

Ia penjelajah sekaligus ilmuwan. Namun tidak banyak hal misteri yang bisa diungkapkannya di bawah lanskap es tersebut.

Setelah seabad lebih, perkembangan radar dsn teknologi semakin maju, misteri dari es greenland bisa ditemukan.

Perkembangan teknologi mutakhir bisa menerobos ke bagian daratan yang diselimuti es setebal 9.800 kaki (3.000 meter) sekalipun.

Dari lanskap es tebal yang menyelimuti greenland itu menyimpan hal menarik yang menyimpan petunjuk tentang masa lalu dan masa depan Arktik.

Dilansir dari Space.com, dari Suara.com - jaringan Telisik.id, berikut 6 struktur misterius di bawah lapisan es Greenland:

1. Gunung Tersembunyi

Ilmuwan mutakhir menemukan pegunungan terjal dan teluk yang terbentuk dari lelehan es di bawah lapisan es Greenland.

Peta Greenland yang dibuat pada 2017 mengungkapkan struktur seperti mangkuk di tengah pulau. Lingkaran pegunungan pesisir mengelilingi struktur tersebut.

Peta itu mengungkapkan topografi yang mendasari aliran gletser Greenland. Ini membantu para ilmuwan memprediksi seberapa cepat gletser akan bergerak dalam kondisi pemanasan dan seberapa cepat itu akan memecah gunung es ke laut.

Baca juga: Mengenal Nama, Ciri-Ciri dan Penjelasan Lengkap Tentang Awan

Baca juga: Memahami Rotasi Bumi dan 4 Fenomena yang Ditimbulkan

2. Ngarai Terpanjang di Dunia

Selain gunung tersembunyi, lapisan es Greenland menyembunyikan ngarai atau canyon terpanjang di dunia ditemukan pada tahun 2013.

Ngarai ini membentang 740 km dari titik tertinggi di Greenland tengah hingga Gletser Petermann di pantai barat laut.

Sementara yang selama ini yang dikenal ngarai terpanjang adalah Yarlung Tsangpo Grand Canyon di China, dengan panjang 496 kilometer.

Ngarai Greenland juga memiliki kedalaman hingga 800 meter di beberapa tempat dan lebar 10 kilometer. Sementara perbandingan, Grand Canyon di Arizona, Amerika Serikat (AS) memiliki rata-rata kedalaman sekitar 1,6 kilometer dan lebar 16 kilometer.

3. Bukti Dampak Meteor

Ilmuwan menemukan tidak semua topografi di bawah lapisan es berasal dari Bumi. Setidaknya dua kemungkinan kawah meteor terkubur di bawah lapisan es Greenland.

Kedua kawah itu berada di barat laut Greenland. Satu kawah berada di bawah Gletser Hiawatha, sementara yang lain berjarak 183 km dari lokasi pertama.

Kawah Hiawatha berada di bawah sekitar 930 meter lapisan es, sedangkan kawah kedua terkubur di bawah 2 km lapisan es. Kawah kedua memiliki ukuran 36 km. Kawah ini menjadi kawah tabrakan terbesar ke-22 yang pernah ditemukan di Bumi.

4. Fosil Tumbuhan yang Diawetkan

Para ahli menemukan inti es pada 2017 yang digali selama Perang Dingin dan menyimpan fosil tanaman yang terawetkan dengan sempurna.

Tanaman itu setelah disiram dengan sedikit air menjadi seperti terbentang yang sebelum disiram tampak mati.

Inti es sendiri berasal dari Greenland barat laut dan tanaman yang ada di dalamnya mungkin tumbuh di hutan boreal. Menurut analis fosil tanaman itu berusia setidaknya satu juta tahun yang lalu.

5. Danau Purba

Sebelum Greenland tertutup es beberapa ratusan ribu atau jutaan tahun lalu, terdapat danau seukuran lebih dari 5.100 km.

Danau ini pernah menampung air sedalam 250 meter. Cekungan danau mencakup 7.100 km persegi dan dialirkan dari setidaknya 18 sungai.

Menurut ahli dasar danau tersebut menyimpan rahasia berharga tentang iklim kutub utara atau Artik di masa lalu sebelum tertutup es.

Untuk mengetahui rahasia tersebut dibutuhkan pengeboran melalui 1,8 kilometer es yang sekarang menutupi situs.

Ditemukan pemandangan danau seperti permata yang dipenuhi air lelehan kristal yang setidaknya berjumlah 60 danau kecil yang memiliki ukuran kisaran 200 meter hingga 5,9 kilometer.

Sebagian besar danau itu berkerumun di Greenland utara dan timur. Air lelehan danau itu mengalir dari permukaan lapisan es atau meleleh karena gesekan dari pergerakan es, atau energi panas bumi dari bawah. (C)

Reporter: Haidir Muhari

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga