Ini 12 Titik Penambahan BTS di Muna Barat

Putri Wulandari, telisik indonesia
Rabu, 06 September 2023
0 dilihat
Ini 12 Titik Penambahan BTS di Muna Barat
Pertemuan pihak Pemda Muna Barat bersama pihak Kominfo RI terkait penambahan BTS di sejumlah titik blank spot yang ada di Muna Barat. Foto: Ist.

" Setelah meminta penambahan Base Transceiver Station (BTS) di lima lokasi blank spot, Kementerian Kominfo RI arahkan Muna Barat menambah usulan prioritas BTS menjadi 12 titik "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Setelah meminta penambahan Base Transceiver Station (BTS) di lima lokasi blank spot, Kementerian Kominfo RI arahkan Muna Barat menambah usulan prioritas BTS menjadi 12 titik.

Diketahui, awal permintaan Pemda Muna Barat dalam menangani blank spot yaitu ada lima titik untuk penambahan menara BTS, permintaan itu diajukan langsung ke Direktur Telekomunikasi, Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Aju Widyasari.

Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri mengatakan, pihaknya telah mengusulkan lima desa prioritas untuk pembangunan BTS, yaitu Desa Tanjung Pinang, Kecamatan Kusambi, Desa Lombu Jaya, Kecamatan Sawerigadi, Desa Waulai, Kecamatan Barangka, Desa Lagadi, Kecamatan Lawa, dan Desa Suka Damai, Kecamatan Tiworo Tengah.

Dalam pembangunan menara BTS itu, Pemda Muna Barat siap melakukan sinergi pendanaan dengan menyiapkan lahan atau langganan Very Small Aperture Terminal (VSAT) melalui APBD.

Baca Juga: 106 Rumah Tak Layak Huni di Muna Barat Segera Direhabilitasi

"Ini juga bagian dari mendukung program nasional dalam percepatan pembangunan program 3434 non 3T," ungkap Bahri, Rabu (6/9/2023).

Untuk diketahui, program 3435 non 3T ini adalah program penuntasan desa blank spot 4G di 3435 desa/kelurahan di wilayah 3T di Indonesia. Ini juga menjadi salah satu fokus kegiatan Direktorat Telekomunikasi sebagai komitmen pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Namun, setelah berkonsultasi dengan Menkominfo RI, yang awalnya penambahan BTS hanya di lima lokasi blank spot, usulan itu bertambah menjadi 12 usulan prioritas pembangunan BTS pada lokasi blank spot.

Kepala Dinas Kominfo Muna Barat, Alrahman mengatakan, penambahan BTS di 12 titik lokasi blank spot itu meliputi tiga wilayah besar yakni untuk Kecamatan Kusambi yaitu Desa Tanjung Pinang, Desa Kasakamu dan Kelurahan Konawe.

Kemudian untuk Kecamatan Sawerigadi meliputi Desa Lombu Jaya dan Desa Wakoila, Kecamatan Lawa yaitu Desa Lagadi, Kecamatan Wadaga meliputi Desa Lakanaha dan Desa Lindo, Kecamatan Barangka meliputi Desa Bungkolo dan Desa Waulai.

Baca Juga: Kominfo RI Segera Tinjau Lokasi Penambahan BTS di Muna Barat

Sementara untuk wilayah Tiworo yaitu Kecamatan Tiworo Kepulauan meliputi Desa Waturempe dan Kecamatan Tiworo Tengah meliputi Desa Suka Damai.

"Jadi setelah Pemda Muna Barat berkonsultasi dengan Menkominfo, maka Kominfo mengarahkan untuk mengusulkan 12 titik," pungkasnya.

Untuk itu, usulan tersebut telah ditindaklanjuti oleh pihak Kominfo RI, yang mana Kominfo RI akan meninjau lokasi blank spot di Muna Barat pada Oktober 2023 mendatang serta akan diumumkan hasil survei pada akhir Oktober 2023.

Dilakukannya survei lapangan itu sebab dari 47 kabupaten kota yang masuk kategori P3, hanya 44 kabupaten/kota yang dianggap memenuhi syarat, salah satunya Kabupaten Muna Barat. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga