Ini Alasan Kendari Jadi Tempat Kongres ke-V PAN

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 08 Februari 2020
0 dilihat
Ini Alasan Kendari Jadi Tempat Kongres ke-V PAN
Ketgam: Bendera PAN Foto: Repro google.com

" Pelaksanaan di Sultra ditujukan juga sebagai bentuk apresiasi terhadap keberhasilan mereka dalam memenangkan pileg yang lalu di sana. "

KENDARI, TELISIK.ID - Kota Kendari terpilih menjadi tempat pelaksanan Kongres ke-V Partai Amanat Nasional (PAN) bukan tanpa alasan.

Sebagaimana dilansir KOMPAS.com, kongres PAN yang akan dilaksanakan  pada 10-12 Februari ini merujuk pada hasil Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 lalu. Dimana, PAN di wilayah Sultra berhasil memenangkan Pemilu baik ditingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

Sekretaris Panitia Pengarah Kongres V PAN, Saleh Partaonan Daulay mengatakan, pemilihan lokasi di Kota Kendari  Sultra merujuk pada hasil Pileg 2019.

"Pelaksanaan di Sultra ditujukan juga sebagai bentuk apresiasi terhadap keberhasilan mereka dalam memenangkan pileg yang lalu di sana," kata Saleh kepada wartawan, Jumat (7/2/2020).

Baca Juga:Aroma Penekanan Tercium, Umar Samiun Imbau Kongres PAN Kondusif

Terbukti, kata dia, PAN bisa menempatkan kadernya sebagai Ketua DPRD Provinsi. Begitu juga perolehan kursi DPRD di kabupaten/kota yang meningkat.

Ditambahkannya, memang ada permintaan dari sejumlah DPW PAN agar kongres kali ini digelar di Indonesia bagian timur. Sebab, sebelumnya kongres sudah pernah digelar di bagian barat dan tengah.

"Selama ini, pelaksanaan kongres sudah pernah di Indonesia Barat dan Tengah. Kali ini, ada tuntutan dari beberapa DPW yang meminta untuk dilaksanakan di Indonesia Timur," ujar dia.

Oleh karena itu, lanjut Saleh, PAN akhirnya memutuskan menggelar Kongres ke-V di Kendari.

Ia berharap, penyelenggaraan kongres ini bisa berdampak positif bagi Sultra, khususnya Kota Kendari.

"Dengan melaksanakan event sekelas kongres, diharapkan akan berdampak positif bagi Sultra. Selain berharap mendatangkan wisatawan, perhelatan kongres diyakini akan membangkitkan perekonomian masyarakat di sana," tutur Saleh.

Kongres V PAN mengagendakan pemilihan ketua umum PAN periode 2020-2025.

Ada empat kandidat yang digadang-gadang maju sebagai calon ketua umum 2020-2025.

Mereka adalah Waketum PAN Mulfachri Harahap, Waketum PAN Asman Abnur, Wakil Ketua Dewan Pembina PAN Dradjad Wibowo, dan Zulkifli Hasan yang saat ini merupakan Ketua Umum PAN.

Adapun pendaftaran calon ketua umum dibuka pada Sabtu ( 8/2/2020 ).

Reporter: Fitrah Nugraha
Editor: Sumarlin

Artikel Terkait
Baca Juga