Ini Aturan Cuci Bra yang Benar Menurut Pakar Kesehatan

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Senin, 09 Januari 2023
0 dilihat
Ini Aturan Cuci Bra yang Benar Menurut Pakar Kesehatan
Tak asal mencuci, bra ternyata memiliki aturan tersendiri. Seringnya mencuci bra dapat menghilangkan elastisitas. Namun, mencuci bra perlu disesuaikan dengan tingkat aktivitas. Foto: Repro Hellosehat.com

" Beberapa pakar kesehatan berpendapat jika bra memiliki aturan tersendiri saat mencucinya "

KENDARI, TELISIK.ID - Wanita tentu sudah tak asing lagi dengan bra. Yups, pakaian dalaman ini rupanya tak boleh asal cuci lho. Beberapa pakar kesehatan berpendapat jika bra memiliki aturan tersendiri saat mencucinya.

Dikutip dari Kompas.com, penulis The Bra Book, Jene Luciani mengatakan kepada Apartment Therapy bahwa bertentangan dengan kepercayaan umum, bra harus dicuci setelah digunakan.

Luciani mengatakan bahwa ini bukan hanya tentang kebersihan, scrub biasa membantu menjaga bra berfungsi sebagaimana mestinya. Bra mengumpulkan banyak sekali keringat, kotoran, dan elemen dari udara, yang sebenarnya dapat mengurangi masa pakai bra dengan memengaruhi elastisitas dan bahan lainnya.  

Menurut sebuah penelitian baru-baru ini, hanya 4,5 persen perempuan yang benar-benar merawat dan mencuci bra dengan benar.

Ilmuwan senior Sammy Wang mengatakan, bra bersentuhan langsung dengan kulit selama dikenakan, ia merekomendasikan untuk mencuci bra setiap beberapa kali pakai.

Baca Juga: 8 Gejala Depresi Berat yang Harus Diwaspadai

“Tubuh kita mengeluarkan kotoran seperti keringat, sebum, dan sel-sel kulit sepanjang hari dan memindahkannya ke pakaian yang menyentuh kulit kita termasuk bra. Keringat khususnya diserap oleh bra, yang menumpuk menjadi residu dan bau,” katanya seperti dilansir dari Tempo.co.

Seorang spesialis produk dari The Laundress, Madeline Miller juga setuju dan menyarankan sebaiknya bra dicuci setelah 2-3 kali pemakaian.

"Secara umum, pakaian dalam berenda yang halus dapat dicuci lebih jarang jika digunakan untuk 'acara-acara khusus', sementara bahan sintetis dan katun sehari-hari dapat dicuci secara teratur," ujarnya.

Baca Juga: Mengenal Penyakit Stroke dan Cara Mencegahnya

Satu-satunya pengecualian untuk aturan ini adalah bra olahraga, kata Beth McCallum, ahli kebersihan dan penulis untuk situs Oh So Spotless “Kamu harus mencucinya setiap kali dipakai karena itu akan lebih berkeringat," katanya.

Namun, tak semua pakar kesehatan setuju akan hal itu, mencuci bra secara berlebihan dapat merusak elastisitas, yang penting untuk memberikan dukungan yang tepat, jelas Lexie Sachs, analis produk di Lab Tekstil Good Housekeeping Institute.

Menurut Sachs, mencuci bra setelah setiap beberapa kali pemakaian seharusnya sudah cukup. Akan tetapi, tergantung pada tingkat aktivitas Anda. Apabila Anda banyak berkeringat atau sehabis berolahraga, ada baiknya mencuci bra Anda setelah itu dan jangan dikenakan lagi hingga dicuci. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga