Ini Dia Amalan yang Tidak Akan Terputus Pahalanya Walaupun Manusia Telah Meninggal Dunia

Irawati, telisik indonesia
Senin, 20 September 2021
0 dilihat
Ini Dia Amalan yang Tidak Akan Terputus Pahalanya Walaupun Manusia Telah Meninggal Dunia
Doa anak saleh untuk orang tuanya adalah amalan jariah yang terus diterima oleh orang tua meski sudah meninggal dunia. Foto: Repro Liputan6.com

" Kualitas amal itu tidak terputus pahalanya sekalipun dia telah meninggal dunia, selama amalnya masih dimanfaatkan oleh manusia "

KENDARI, TELISIK.ID - Amal jariah adalah sebuah amalan yang pahalanya akan terus-menerus mengalir hingga hari kiamat walaupun orang yang melakukan amalan tersebut sudah meninggal dunia.

Dalam hadis Abu Hurairah diriwayatkan Rasulullah SAW, terdapat tiga amalan jariah, yakni sedekah jariah, ilmu yang bermanfaat, dan doa anak saleh. 

Dikutip dari republika.co.id, Drs. H. Abdul Majid Khon dalam bukunya "Hadis Tarbawi Hadis-Hadis Pendidikan," menjelaskan, Rasulullah SAW memberikan pelajaran tentang perlunya manusia mencari amal yang berkualitas, kekal dan bermanfaat baik selama di dunia maupun setelah meninggal dunia. 

Kualitas amal itu tidak terputus pahalanya sekalipun dia telah meninggal dunia, selama amalnya masih dimanfaatkan oleh manusia. 

Abdul menjelaskan, jika manusia telah meninggal dunia terputuslah amalnya. Karena tidak bisa bekerja, tidak bisa beramal, tidak bisa berkarya, dan tidak bisa berbuat apa-apa.

Jika pekerjaannya terputus, konsekuensinya upahnya terputus, dan honor terputus. "Karena tidak ada kerja tidak ada upah, tidak ada kerja tidak ada gaji, dan tidak ada amal tidak ada pula pahala," katanya.

Kecuali, anak adam itu memiliki tiga perkara yang tidak terputus baik pekerjaannya maupun upah atau pahalanya, yakni sedekah jariah ilmu yang bermanfaat, dan anak yang saleh. 

"Amalan yang tidak akan terputus walaupun manusia sudah meninggal dunia yaitu amalan jariah," ucap Drs. Maswar kepala KUA Kecamatan Rarowatu, Jumat (17/9/2021).

Lebih lanjut Drs. Maswar mengatakan, salah satunya adalah ilmu yang bermanfaat yang diajarkan kepada orang banyak, contohnya: ilmu agama yang didapatkan dan diajarkan kembali kepada orang lain, akan menjadi amalan jariah, dan menyalurkan atau membagikan buku agama ke pondok pesantren yang akan membantu atau memudahkan mereka untuk belajar di pondok, dan hal tersebut sangat bermanfaat bagi mereka.

Dikutip dari news.detik.com, 3 amalan yang tidak akan terputus walaupun manusia telah meninggal dunia adalah:

1. Sedekah Jariah

Sedekah merupakan pemberian sesuatu dari seorang muslim kepada yang berhak menerimanya secara ikhlas dan sukarela tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu dengan mengharapkan rida Allah.

Sedangkan sedekah jariah ialah sesuatu yang terus menerus manfaatnya seperti wakaf tanah, buku-buku hingga lembaga-lembaga pendidikan seperti pesantren dan lain sebagainya.

Pahalanya akan terus mengalir meskipun kita sudah wafat.

2. Ilmu yang Bermanfaat

Dikutip dalam buku ''Mendidik anak: membaca, menulis dan mencintai Al-Qur'an," oleh Ahmad Syarifuddin menjelaskan bahwa seorang ayah dan ibu yang giat dan tekun mendidik Al-Qur'an kepada anak-anaknya sehingga anak-anaknya pintar membaca Al-Qur'an, memahami dan mengamalkannya. Keduanya akan mendapatkan penghargaan spesial di akhirat kelak.

Dalam sebuah hadis disebutkan,

"Barangsiapa membaca Al-Qur'an dan mengamalkannya maka kedua orang tuanya pada hari kiamat akan dipakaikan mahkota yang cahayanya lebih bagus daripada cahaya matahari menembus rumah-rumah di dunia." (HR. Abu Dawud dan al-Hakim dari Mu'adz bin Jabal. Shahih. Al- Matjarur-Rabih hlm. 524 nomor 1084).

Baca Juga: Simak Keutamaan Membersihkan Masjid

Baca Juga: Baca Dua Ayat Ini Setiap Malam, Dicukupkan di Dunia dan Akhirat

3. Doa Anak Saleh

Doa kepada kedua orang tua adalah kebaktian yang masih bisa dilakukan seorang anak kepada orang tuanya yang telah meninggal dunia, dan terus memberikan kebaikan pada orang tua. Doa seorang anak akan terus mengalir kebaikan dan manfaat dan balasan kebaikan bagi kedua orang tua tatkala amal-amal lainnya telah terputus.

Dari Abdullah bin Umar RA, Rasulullah SAW bersabda: "Keridaan Allah bergantung kepada keridaan kedua orang tua dan murka Allah juga bergantung kepada murka kedua orang tua." (HR. At-Tirmidzi (no. 1900).

Allah SWT berfirman dalam surah Al-Ankabut ayat 8:

Artinya: "Dan Kami wajibkan manusia (berbuat) kebaikan kepada dua ibu-bapaknya. Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya. Hanya kepada-Ku-lah kembalimu, lalu Aku kabarkan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan." (QS. Al-Ankabut: 8).

"Amalan yang tidak akan terputus walaupun manusia telah meninggal dunia ada 3," ujar Jaisman S.Pd., M Pd, Bagian Penyuluh KUA Kecamatan Puuwatu, Kota Kendari, Sabtu (18/9/2021).

Lebih lanjut Jaisman menjelaskan bahwa  pertama, amal jariahnya saat masih hidup yaitu semua kebaikan sedekahnya, bantuannya terhadap sesama menjadi amalan jariyah. Kedua, ilmu yang bermanfaat contohnya: bisa jadi tukang, guru yang membagi ilmunya, mengajari muridnya mulai dari TK sampai perguruan tinggi dan ilmu tersebut terus mengalir. Ketiga, doa anak yang saleh yang membuat tidak akan pernah putus amalan kebaikan seseorang, sampai meninggal dunia. (B)

Reporter: Irawati

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga