Apa Syarat Mendapatkan Pertolongan Allah? Ini Jawabannya

Haerani Hambali, telisik indonesia
Minggu, 02 Januari 2022
0 dilihat
Apa Syarat Mendapatkan Pertolongan Allah? Ini Jawabannya
Siapa yang menolong agama Allah dengan cara taat dan berpegang teguh pada ketentuan-Nya, niscaya akan mendapat pertolongan Allah. Foto: Repro 99.co

" Jika kita menolong agama Allah, maka Allah pasti akan menolong kita "

KENDARI, TELISIK.ID - Pertolongan Allah Subhanahu wa Ta’ala menjadi harapan setiap Muslim. Bukan saja di dunia, pertolongan Allah lebih dibutuhkan di saat hari hisab.

Melansir Republika.co.id, doktor bidang Tafsir dan Ilmu Al-Qur'an Universitas Al Azhar Mesir, Ustaz Fahmi Salim mengatakan, jika kita menolong agama Allah, maka pasti Allah akan menolong kita. Menurut dia, inilah janji Allah dan janji itu adalah sesuatu yang pasti.

Pertanyaannya, apakah kita sudah memenuhi syarat untuk mendapatkan pertolongan Allah? Dalam bukunya yang berjudul Tadabbur Qur’an di Akhir Zaman, Ustaz Fahmi Salim menjelaskan, tidak mungkin pertolongan Allah hadir jika kita masih terus-menerus melakukan kemaksiatan dan berdiam diri terhadap kemungkaran.

"Pertolongan Allah membutuhkan komitmen dari kita untuk berani berjuang dan berkorban membela agama-Nya," jelasnya.

Syarat untuk mendapatkan pertolongan Allah juga disebutkan dalam surat Al Hajj.

“(Yaitu) orang-orang yang jika Kami teguhkan kedudukan mereka di muka bumi, niscya mereka mendirikan salat, menunaikan zakat, menyuruh berbuat yang makruf dan mencegah dari perbuatan yang mungkar, dan kepada Allah-lah kembali segala urusan.” (QS Al Hajj [22]: 41).

Jadi, ciri-ciri orang yang akan mendapatkan pertolongan Allah SWT, menurut ayat di atas antara lain, mendirikan salat, menunaikan zakat, mengajak kepada kebaikan, dan mencegah kemungkaran.

Baca Juga: 4 Keistimewaan Lebah yang Wajib Ditiru

“Empat kategori inilah yang menjadi kunci untuk mendapatkan pertolongan Allah,” jelas Ustaz Fahmi.

Jika pertolongan Allah SWT sangat penting, bagaimana supaya manusia bisa selalu mendapatkannya tepat waktu termasuk dalam kondisi mendesak?

Dalam kondisi tersebut, tiap manusia bisa belajar dari Al-Qur'an surat Muhammad ayat 7:

Artinya: Hai orang-orang Mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu (QS. Muhammad: 7).

Sesuai ayat tersebut, pertolongan Allah akan diberikan kepada orang yang menolong agama Allah. Bagaimana caranya menolong agama Allah SWT?

Baca Juga: Wajib Anda Tahu, Adab dan Aturan Berdebat dalam Islam

Dikutip dari detik.com, manusia ternyata tidak perlu repot untuk memberikan pertolongan pada agama Allah SWT. Tiap manusia cukup taat dan berpegang teguh pada ketentuan yang diberikan Allah SWT. Ketaatan ini tak boleh luntur dalam setiap kesempatan.

Selain taat, tiap manusia juga harus mampu menjauhkan diri dari hawa nafsu. Jika sudah teguh menerapkan aturan dan mengendalikan hawa nafsu, manusia harus yakin pertolongan Allah SWT pasti diberikan. Wajib dipahami, pertolongan Allah SWT akan datang di waktu yang tepat.

Pentingnya pertolongan Allah SWT bisa dilihat dalam firman-Nya surat Ali Imran ayat 126:

Artinya: "Dan Allah tidak menjadikan pemberian bala bantuan itu melainkan sebagai kabar gembira bagi (kemenangan)mu, dan agar tenteram hatimu karenanya. Dan kemenanganmu itu hanyalah dari Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana". (C)

Reporter: Haerani Hambali

Baca Juga