Tips Jadikan Anak Pintar dan Tidak Nakal dari Buya Yahya

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Minggu, 06 Agustus 2023
0 dilihat
Tips Jadikan Anak Pintar dan Tidak Nakal dari Buya Yahya
Buya Yahya bagikan tips menjadikan anak pintar dan tidak nakal, salah satunya adalah memohon kepada Allah terlebih dahulu. Foto: Repro Aceh.tribunnews.com

" Buya Yahya membagikan tujuh tips agar anak tidak malas dan menjadi anak yang pintar "

KENDARI, TELISIK.ID - Kita pasti menginginkan buah hati kita menjadi anak yang saleh dan punya perilaku yang baik. Pendakwah terkenal, Buya Yahya juga sempat membahas tips menjadikan anak tak bandel dalam Islam.

Dilansir dari Aceh.tribunnews.com, dalam sebuah kajian dakhwanya, salah seorang jemaah bertanya kepada Buya Yahya tentang bagaimana cara mendidik anak agar tidak nakal dan menjadi pintar.

"Assalamu’alaikum Wr. Wb. Buya saya mau bertanya, saya mempunyai seorang putra yang sangat nakal dan kalau belajar sangat malas," tanya salah seorang jemaah pengajian kepada Buya Yahya.

Lalu jemaah tersebut menanyakan lagi bagaimana cara agar anak tidak nakal dan menjadi pintar kepada Buya Yahya.

"Bagaimana caranya agar anak saya tidak nakal, tidak malas dan menjadi anak yang pintar," sambung jemaah pengajian kepada Buya Yahya.

Menjawab pertanyaan itu, Buya Yahya lantas membagikan tujuh tips berikut ini agar anak tidak malas dan menjadi anak yang pintar.

Tips pertama, Buya Yahya menyarankan agar orang tua wajib memohon kepada Allah SWT, karena Allah merupakan tempat memohon seorang hamba.

Baca Juga: Ini Amalan yang Paling Banyak Membuat Manusia Masuk Surga

"Wa’alaikumussalam Wr. Wb. Pertama, memohon kepada Allah SWT," jawab Buya Yahya.

Cara kedua, masukan anak ke dalam lingkungan yang agamanya kental.

"Kedua, Masukkan kepada lingkungan yang baik dan agamis seperti majelis ta’lim dan acara-acara keagamaan," sambung Buya Yahya.

Cara ketiga, Buya Yahya menekankan agar orang tua bisa menjadi contoh bagi anaknya.

Apa yang orang tua lakukan memiliki kemungkinan besar diduplikat oleh anak. Orang tua seharusnya bisa memilah mana saja tindakan yang pantas dilakukan di depan anak.

Bukan tidak mungkin perilaku kurang baik yang dilakukan oleh orang tua, suatu saat akan dilakukan oleh anak. Bahkan bisa dikatakan anak adalah cermin orang tua yang sebenarnya.

"Menjadilah orang tua yang bisa jadi suri tauladan bagi anak karena seorang anak akan mudah meniru orang tua," imbuh Buya Yahya.

Cara keempat, Buya Yahya menganjurkan agar orang tua sering melibatkan anak untuk selalu berkomunikasi dalam hal positif.

"Sering ajak bicara dalam hal positif dengan cara yang menjadikan anak merasa dianggap," sambung Buya Yahya.

Poin kelima adalah, hukumlah kesalahan anak dengan cara yang lebih lembut terlebih dahulu sebelum ada hukuman yang keras. Berikutnya, dikatakan Buya, ubahlah cara marah Anda kepada anak.

Dari misalnya memukul membentak, dengan memeluk mencium sambil membisikkan kesalahan di telinganya. Setelah melakukan enam tips tersebut dengan maksimal, terakhir, Buya Yahya menyarakan agar orang tua berserah diri kepada Allah.

Baca Juga: Begini Hukum Kurban Atas Nama Anak

"Ketujuh, serahkan kepada Allah yang Maha Kuasa setelah Anda berusaha dengan maksimal. Wallahu a’lam bish-shawab," pungkas Buya Yahya.

Dikutip dari Soreang.pikiran-rakyat.com, Buya Yahya menerangkan bahwa jika anak sudah terlanjur nakal dan susah diatur, maka masih ada cara lain yang bisa dilakukan. Kata Buya Yahya, untuk melembutkan hati anak yang nakal, salah satunya yaitu dengan menolong anak orang lain.

Artinya, jika kita memiliki anak yang sudah terlanjur nakal, salah dan keras hati, maka dengan menolong anak orang lain kita bisa menolong anak kita sendiri. Sebab, kata Buya Yahya, Allah SWT menjanjikan jika kita menolong anak orang lain, maka Allah akan menolong anak kita.

Makanya, lanjut Buya, jika Anda sudah membantu anak orang lain, maka jangan heran jika anak Anda tiba-tiba berubah jadi baik. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga