6 Bahaya Makan Es Krim Berlebihan yang Harus Diwaspadai

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 26 Februari 2023
0 dilihat
6 Bahaya Makan Es Krim Berlebihan yang Harus Diwaspadai
Mengonsumsi es krim terlalu sering dapat meningkatkan risiko obesitas yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Foto: Repro google.com

" Es krim menjadi salah satu cemilan yang banyak disukai, dari orang dewasa hingga anak-anak. Namun jika berlebihan akan berdampak buruk bagi kesehatan "

KENDARI, TELISIK.ID - Es krim menjadi salah satu cemilan yang banyak disukai, dari orang dewasa hingga anak-anak. Namun jika berlebihan akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Dikutip dari sorona.id, es krim mengandung sekitar 1.000 kalori yang bisa menumpuk dalam tubuh. Sehingga jika dikonsumsi berlebihan, bisa menyebabkan lemak menumpuk di pembuluh darah dan organ serta memperlambat metabolisme.

Olehnya itu, mengonsumsi es krim terlalu sering dapat meningkatkan risiko obesitas yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga: 5 Gaya Hidup Ini Picu Diabetes

Melansir yoursay.id dari laman sehatq.com, berikut beberapa masalah kesehatan yang akan muncul akibat berlebihan mengkonsumsi es krim:

1. Mengganggu fungsi otak

Siapa sangka bahwa es krim yang begitu lezat ternyata memiliki dampak buruk bagi kesehatan otak.

Dikatakan oleh Eva Selhub, MD, dari Harvard Medical School Health bahwa kandungan gula dalam olahan es krim memiliki potensi menggangu fungsi otak.

2. Meningkatkan risiko penyakit jantung

Es krim mengandung lemak yang cukup tinggi, dengan mengkonsumsi es krim secara berlebihan maka kandungan lemak yang masuk ke dalam tubuh juga akan berlebih.

Kondisi lemak berlebih dalam tubuh inilah yang akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan jantung.

3. Menyebabkan ganguan pada sistem pencernaan

Seperti yang dijelaskan di awal tadi, es krim mengandung lemak yan cukup tinggi. Sistem pencernaan dalam tubuh manusia memerlukan waktu yang lebih lama untuk unuk mencerna lemak.

Kondisi inilah yang umumnya menyebabkan perut kembung dan mengganggu sistem pencernaan. Kasus ini umumnya terjadi pada anak-anak.

4. Meningkatkan risiko obesitas

Mengkonsumsi es krim secara berlebihan juga dapat meningkatkan risiko terkena obesitas. Hal ini dikarenakan es krim mengandung kalori yang cukup tinnggi sehingga mampu menyebabakan kenaikan berat badan.

5. Membuat gigi menjadi sensitif

Hipersensitivitas dentin, adalah kondisi dimana gigi menjadi sensitif dikarenakan mengkonsumsi es krim. Gigi menjadi sensitif setelah mengkonsumsi es krim dapat terjadi karena enamel gigi berkurang dan ujung saraf gigi terekspos.

Baca Juga: 8 Bahan Alami Ini Bisa Bantu Bersihkan Paru-paru

6. Meningkatkan risiko diabetes

Mengkonsumsi es krim secara berlebihan dapat menyebabkan diabtes. Hal ini dikarenakan tingginya kandungan gula yang terdapat dalam es krim.

Nah, itulah beberapa bahaya yang bisa dialami seseorang jika berlebihan mengkonsumsi es krim. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga