Ini Identitas Pria Tewas Tenggelam di Pantai Taipa Konawe Utara, Satu Belum Ditemukan

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Selasa, 18 Juni 2024
0 dilihat
Ini Identitas Pria Tewas Tenggelam di Pantai Taipa Konawe Utara, Satu Belum Ditemukan
Tim Basarnas tengah melakukan pencarian (kiri), detik-detik saat korban diberikan pertolongan (kanan). Foto: Kolase

" Dua orang pria dilaporkan tenggelam saat berlibur di Pantai Taipa, Konawe Utara. Satu orang telah ditemukan dalam keadaan meninggal dunia, dan satu lainnya masih dalam pencarian "

KONAWE, TELISIK.ID - Dua orang pria dilaporkan tenggelam saat berlibur di Pantai Taipa, Konawe Utara, pada Senin (17/6/2024), bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah. Satu orang korban telah ditemukan dalam keadaan meninggal dunia, dan satu orang lainnya masih dalam pencarian.

Korban yang meninggal dunia diidentifikasi bernama Moh. Bahrul Ulum (35) asal Jabalsari, Kecamatan Sumber Gempol. Sedangkan korban yang masih hilang bernama Moh. Haris Prayoga (25) asal Jatikerto, Kromengan, Kabupaten Malang.

Menurut informasi dari Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KKP) Kendari, Amiruddin A.S., peristiwa nahas itu terjadi sekitar pukul 16.12 Wita. Saat itu, kedua korban sedang berenang di pantai bersama teman-temannya.

Tiba-tiba, mereka terseret ombak besar dan tenggelam. Teman-teman korban berusaha memberikan pertolongan, namun hanya Moh. Bahrul Ulum yang berhasil diselamatkan dengan kondisi meregang nyawa.

Tim SAR gabungan yang terdiri dari KKP Kendari, Pos SAR Konawe Utara, Polres Konut, Kodim 1430, Pos AL Konut, Polsek Sawa, Polair Konut, Damkar Konut, dan masyarakat sekitar langsung dikerahkan untuk melakukan pencarian terhadap Moh. Haris Prayoga.

Baca Juga: Seorang Pria Nyaris Tenggelam saat Liburan Hari Raya Kurban di Pantai Taipa Konawe Utara

Operasi SAR dilakukan dengan menggunakan berbagai peralatan, seperti rescue car, rubber boat, peralatan selam, palsar medis, palsar evakuasi, aquaeye, peralatan komunikasi, dan peralatan pendukung keselamatan lainnya.

Upaya pencarian dilakukan hingga malam hari, namun Moh. Haris Prayoga belum ditemukan. Operasi SAR dihentikan sementara dan dilanjutkan kembali pada Selasa (18/6/2024) hari ini pukul 07.00 Wita.

Sebelumnya diberitakan Telisik.id, berdasarkan pesan berantai yang diteruskan pada grup-grup WhatsApp warga Sulawesi Tenggara, dikabarkan seorang pria pengunjung Pantai Taipa dalam kondisi kritis.

Baca Juga: Kronologi Dua Korban Tenggelam di Pantai Marlboro Buton Tengah

Dalam pesan berantai juga disertai dengan dua video yang diterima Telisik.id, dengan durasi 1 menit 11 detik dan 8 detik.

Video 8 detik memperlihatkan pria tersebut mengenakan baju coklat muda sedang diberikan pertolongan, CPR (cardiopulmonary resuscitation) atau dikenal juga dengan sebutan RJP (resusitasi jantung paru), oleh seorang wanita.

Sementara dalam video 1 menit 11 detik, terlihat korban belum menunjukkan tanda-tanda siuman, sedang diangkut menggunakan mobil patroli polisi menuju rumah sakit. Orang-orang pun berkumpul untuk menyaksikan peristiwa tersebut. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga