Ini Imbauan Bupati Buton Terkait Pencegahan COVID-19

Deni Djohan, telisik indonesia
Selasa, 28 April 2020
0 dilihat
Ini Imbauan Bupati Buton Terkait Pencegahan COVID-19
Bupati Buton yang juga Ketua Gugus Tugas COVID-19, Drs. La Bakry. Foto: Ist.

" Terakhir, selalu berdoa kepada Allah semoga wabah ini cepat berlalu. Dan tetap di rumah saja. "

BUTON, TELISIK.ID - Kota Baubau telah ditetapkan sebagai wilayah zona merah penyebaran COVID-19. Sebagai daerah yang berbatasan langsung dengan Kota Baubau, Pemda Buton kini waspada.

Bupati Buton yang juga Ketua Gugus Tugas COVID-19, Drs. La Bakry, mengeluarkan lima imbauan. Imbauan ini bertujuan untuk mencegah penyebaran virus tersebut di wilayah  Kabupaten Buton.

Adapun isi imbauan tersebut, pertama, terhitung sejak tanggal 27 April hingga 11 Mei 2020, masyarakat diminta melaksanakan salat fardhu dan tarawih secara berjamaah di rumah masing-masing, kecuali perangkat masjid yang mengumandangkan suara tahrim dan adzan untuk memberitahukan waktu imsak, sahur dan buka puasa seperti biasa.

Kedua, lanjutnya, jika terdapat keluarga yang baru saja datang dari luar daerah, harus melaporkan diri kepada tim dari pemerintah atau kelurahan dan desa setempat. Kemudian, masyarakat tidak perlu panik. Tetap menaati protokoler kesehatan yang dikeluarkan pemerintah provinsi dan kabupaten. Serta menghindari kerumunan, jaga jarak dan wajib menggunakan masker, cuci tangan dan mandi setelah bepergian. Berikutnya, menerapkan pola hidup sehat.

"Terakhir, selalu berdoa kepada Allah semoga wabah ini cepat berlalu. Dan tetap di rumah saja," ungkap La Bakry.

Perlu diketahui, Kabupaten Buton merupakan salah satu daerah yang hingga kini belum terpapar virus mematikan tersebut. Sementara, Kabupaten Buton memiliki enam pintu masuk yakni, Lasalimu - Wakatobi, Buton Utara dan Muna - Kapuntori, Busel - Kaongke ongkea, Baubau - Kaongke ongkea. Di sisi lain, hampir setiap hari hilir mudik jalur laut kapal pembuat aspal. Hal ini yang kemudian membuktikan kinerja Pemda Buton melalui Tim Gugusnya sigap dan selektif dalam menjalankan tugas pencegahan.

Baca juga: PDP Reaktif COVID-19 Asal Kota Kendari Meninggal Dunia

Adapun data terbaru Gugus Tugas COVID-19 Buton yang tersebar di tujuh kecamatan masing-masing adalah,

1. Kecamatan Kapontori

-ODP 1

-PDP 0

-Positif 0

2. Kecamatan Pasarwajo

-ODP 9

-PDP 0

-Positif 0

3. Kecamatan Lasalimu

-ODP 2

-PDP 0

-Positif 0

4. Kecamatan Lasalimu Selatan

-ODP 3

-PDP 0

-Positif 0

5. Kecamatan Siotapina

-ODP 0

-PDP 0

-Positif 0

6. Kecamatan Molowa

-ODP 1

-PDP 0

-Positif 0

7. Kecamatan Wabula

-ODP 1

-PDP 0

-Positif 0

Reporter: Deni Djohan

Editor: Rani

Baca Juga