Ini Makanan Tidak Boleh Dimasak di Panci Presto

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 19 Juni 2023
0 dilihat
Ini Makanan Tidak Boleh Dimasak di Panci Presto
Memasak menggunakan panci presto menjadi salah satu trik simpel, agar memasak jadi lebih mudah dan tak menggunakan banyak waktu. Foto: Repro Grid.id

" Tak banyak yang tahu jika ada beberapa makanan yang tidak boleh dimasak menggunakan panci presto karena dapat merusak cita rasanya "

KENDARI, TELISIK.ID - Memasak menggunakan panci presto menjadi salah satu trik simpel, agar memasak jadi lebih mudah dan tak menggunakan banyak waktu. Namun tak banyak yang tahu jika ada beberapa makanan yang tidak boleh dimasak menggunakan panci presto.

Dilansir dari Kompas.com dan okezone.com, berikut makanan yang tak boleh dimasak di panci presto:

1. Beras

Kandungan pati yang ada pada beras dapat menyebabkannya melepaskan zat kimia berbahaya yang disebut akrilamida. Ini dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan dan merupakan sesuatu yang harus Anda hindari sebisa mungkin. Jadi, lebih baik memasak nasi di rice cooker.

Baca Juga: Cara Mudah Top Up ShopeePay Lewat Dana

2. Kentang

Kebanyakan dari kita menggunakan panci presto untuk merebus kentang yang memang punya tekstur keras. Namun sama seperti nasi, kentang juga punya kandungan pati yang tinggi. Inilah sebabnya mengapa merebus atau memasaknya dalam panci presto harus dihindari.

3. Ikan

Baca Juga: Ini Kebiasaan yang Perlu Dihindari jika Tak Ingin Mesin Cuci Cepat Rusak

Memasak ikan dengan panci presto tidak sehat. Ikan punya tekstur yang cukup lembut dan ketika dimasak di panci presto, berpeluang bisa terlalu matang. Imbasnya bisa bikin ikan kehilangan cita rasanya dan malah bikin tekstur daging ikan jadi kering.

4. Makanan apapun dengan dasar krim

Jika Anda menggunakan panci presto untuk memasak makanan yang berbahan dasar krim, sebaiknya pertimbangkan kembali keputusan Anda. Produk susu seperti susu atau keju dapat mengental saat dimasak di panci presto. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga