Ini Pesan Titin Nurbaya Saranani saat Lantik 14 Ketua TP PKK Kecamatan

Aris Syam, telisik indonesia
Selasa, 15 Februari 2022
0 dilihat
Ini Pesan Titin Nurbaya Saranani saat Lantik 14 Ketua TP PKK Kecamatan
Titin Nurbaya Saranani saat melantik Ketua Tim Penggerak PKK kecamatan se-Kabupaten Konawe. Foto: Aris Syam/Telisik

" Tim Penggerak PKK dan seluruh kader di wilayah Kabupaten Konawe harus mampu menjadi garda terdepan dalam mewujudkan keluarga yang berkualitas "

KONAWE, TELISIK.ID - Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Konawe, Titin Nurbaya Saranani, berpesan agar para tim penggerak dan kader PKK mampu menciptakan program kerja yang sejalan dengan program Pemerintah Daerah Konawe.

Hal tersebut disampaikan Titin Nurbaya Saranani saat melantik 14  Ketua Tim Penggerak PKK kecamatan se-Kabupaten Konawe, di Pondopo Kantor Bupati Konawe, Selasa (15/2/2022).

Titin Nurbaya Saranani mengatakan, untuk yang baru dilantik, harus mampu menjalankan amanah tersebut dengan  sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab sehingga program kerja yang telah dicanangkan tepat sasaran melalui jalur yang telah ditentukan.

"Saya harap tanggung jawab ini bisa dijalankan dengan baik, agar program kerja kita dapat sejalan dengan program dari Pemkab Konawe," kata Titin.

Lebih lanjut Titin menyampaikan, Tim Penggerak PKK dan seluruh kader di wilayah Kabupaten Konawe harus mampu menjadi garda terdepan dalam mewujudkan keluarga yang berkualitas dari segi kesehatan, pendidikan, sosial dan budaya serta ekonomi.

Sementara itu, lanjut Tirin, kader PKK sebagai perpanjangan tangan PKK dari tingkat kecamatan hingga ke tingkat Dasawisma dan selama ini telah menunjukkan kiprah dan keberhasilannya dalam pembangunan keluarga.

"Agar 10 program pokok PKK bisa disukseskan, terlebih dulu kita berdayakan para keluarga sesuai wilayah kerja saudara hingga ke tingkat Dasawisma, komunikasi yang harmonis harus dijalankan dengan seluruh elemen masyarakat demi mensukseskan program yang telah disusun," jelasnya.

Terlebih lagi di masa pendemi, Titin berharap para kader PKK di tiap kecamatan untuk menjadi penggerak dan mampu menjadikan setiap perempuan di level desa hingga Dasawisma agar semakin tangguh mengahadapi pendemi saat ini.

Kemudian, mengaktifkan beberpa program gotong royong untuk membantu sesama warga dan mengajak masyarakat agar ikut serta  dalam mengawasi dan melaporkan jika ada kasus Covid di lingkungannya.

Baca Juga: Lahan Milik Pemkot Baubau Hangus Terbakar

"Teruslah mengedukasi masyarakat di wilayahnya  untuk menerapkan prokes dan kampanyekan 5M dan program vaksinasi," ujarnya.

Titin juga optimistis jika dengan langkah yang beriringan antara program pemerintah, organisasi masyarakat serta berbagai elemen masyarakat, maka terwujudnya Kabupaten Konawe yang  gemilang, yang berdaya saing, maju dan sejahtera, akan tercapai dan bukan sekedar angan-angan semata.

Ia juga berpesan kepada para camat sebagai Ketua Pembina Tim Penggerak PKK Kecamatan untuk senantiasa memberikan suport dan bimbingan serta dukungan kepada Tim Penggerak PKK dalam melaksanakan 10 programnya.

"Tanggung jawab ada di pundak saudara. Meski  berat, namun saya yakin dan percaya saudara mampu melakukan dengan baik," pungkasnya.

Baca Juga: Tekan Peredaran Narkoba, Polrestabes Makassar Razia THM

Di tempat yang sama, Pembina Tim Penggerak PKK, Muhsin, SE menambahkan, tugas yang diemban Tim Penggerak PKK ini  bersifat sosial. Apabila dipahami dan dilaksanakan sepenuhnya dengan rasa ikhlas, semua pekerjaan akan terasa ringan.

Untuk mencapai itu, diharapkan para Tim Penggerak dan kader PKK harus menjaga hubungan harmonis baik antara tim PKK dari kabupaten maupun tingkat kecamatan, lurah/desa.

"Tim Penggerak PKK salah satu mitra kerja pemerintah dan organisasi kemasyarakatan yang berfungsi sebagai fasilitator perencanaan pelaksanaan demi suksesnya program PKK yang telah direncanakan," jelasnya. (B-Adv)

Reporter: Aris Syam

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga