Ini Syarat Jadi Imam Masjid Uni Emirat Arab 2023, Gajinya Puluhan Juta Sebulan

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 28 April 2023
0 dilihat
Ini Syarat Jadi Imam Masjid Uni Emirat Arab 2023, Gajinya Puluhan Juta Sebulan
Gaji imam di masjid UEA sebesar Rp 22 juta per bulan. Namun, jika ditempatkan di kota-kota besar di UEA, jumlah gaji yang diterima akan lebih tinggi. Foto: Repro Paragram.id

" Kementerian Agama (Kemenag) membuka seleksi imam masjid untuk ditempatkan di Uni Emirat Arab (UEA). Pendaftaran dibuka hingga 9 Mei 2023 "

JAKARTA, TELISIK.ID - Kementerian Agama (Kemenag) membuka seleksi imam masjid untuk ditempatkan di Uni Emirat Arab (UEA). Pendaftaran dibuka hingga 9 Mei 2023.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag Adib menyampaikan, pengiriman imam masjid ini merupakan bagian dari kesepakatan kerja sama Indonesia dan UEA.  

"Sebelumnya, telah dikirim sebanyak 70 dari target 200 imam. Pada tahun 2023 ini Kemenag akan mengirim 130 imam untuk memenuhi target tersebut," ungkap Adib seperti dilansir Viva.co.id. 

Program pengiriman imam ini memberi peluang bagi penghafal Al-Qur’an dan qari terbaik Indonesia untuk berkarier di kancah internasional. Adib menambahkan, imam masjid asal Indonesia diminati otoritas UEA lantaran paham keagamaannya yang moderat. Hal ini menjadi nilai tambah selain kemampuan dalam membaca Al-Qur'an.

“Kita memberi kesempatan pada para hafiz di Indonesia untuk berkhidmat dan berkarier sebagai imam yang ditempatkan di masjid-masjid luar negeri, dalam hal ini Uni Emirat Arab,” katanya.

Baca Juga: Pemda Buteng Naikkan Honor Imam Masjid dan Guru Mengaji

Calon imam yang akan dikirim ke UEA harus memenuhi syarat berikut:

1. Hafal Al-Qur’an minimal 20 juz,

2. Menguasai ilmu Tajwid (teori dan praktik),

3. Memiliki suara yang fasih dan merdu,

4. Bisa berkomunikasi dalam Bahasa Arab,

5. Memahami ilmu fikih,

6. Memiliki keterampilan retorika dalam berdakwah dan berkhotbah,

7. Berakhlak mulia,

8. Berpaham Ahlussunnah wal Jamaah bi Manhaj Wasathiyyah,

9. Sehat jasmani dan rohani,

10. Tidak bergabung dalam partai politik,

11. Usia minimal 21 tahun atau sudah menikah.

Dikutip dari Disway.id, pada tahun 2021 lalu, gaji imam di masjid UEA sebesar Rp 22 juta per bulan. Namun, jika ditempatkan di kota-kota besar di UEA, jumlah gaji yang diterima akan lebih tinggi. Kemungkinan besar, gaji imam masjid di UEA pada tahun ini akan lebih tinggi dibandingkan tahun 2021 lalu.

Baca Juga: Bukan Gaji, Insentif Bagi Imam Masjid Upaya Pemerintah Lindungi Orang Berilmu

Dikutip dari Paragram.id, selain mendapatkan gaji yang fantastis, imam masjid juga diberikan fasilitas berupa rumah di sekitar masjid tempat dia bertugas. Rumah yang disediakan bukan sekadar rumah petakan, tapi rumah khusus yang dilengkapi AC. Imam yang sudah berkeluarga, juga diperbolehkan membawa keluarga.

Tugas imam masjid di UAE relatif lebih enteng daripada di Tanah Air. Imam tidak banyak kerjaan, hanya imam masjid, dan khotbah. Khotbahnya tinggal membaca materi dari kementerian agama di sini.

Namun untuk menjadi imam masjid, bukanlah hal yang mudah dan tidak sembarangan orang bisa melakukannya. Biasanya mesti hafal 20-30 juz. Kalau hafal hanya setengahnya, hanya jadi muazin, yang merangkap sekretaris imam. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga