Ini Tanaman Aromaterapi Alami, Bikin Ruangan Harum hingga Hilangkan Stres

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 31 Mei 2023
0 dilihat
Ini Tanaman Aromaterapi Alami, Bikin Ruangan Harum hingga Hilangkan Stres
Peppermint banyak digunakan untuk campuran banyak produk rumah tangga, kosmetik, bahkan makanan dan minuman karena memiliki aroma mentol yang sangat kuat. Foto: Hellosehat.com

" Beberapa tips yang bisa mengharumkan ruangan, salah satu di antaranya yaitu aroma terapi yang banyak dijual seperti minyak, lilin, aromaterapi difuser, dan sebagainya "

KENDARI, TELISIK.ID - Beberapa tips yang bisa mengharumkan ruangan, salah satu di antaranya yaitu aroma terapi yang banyak dijual seperti minyak, lilin, aromaterapi difuser, dan sebagainya.

Namun, beberapa orang memilih opsi lain dengan memilih bahan alami yang tentunya tanpa efek samping. Beberapa tumbuhan menyimpan senyawa aromatik yang mudah menguap yang memiliki nilai terapi, sehingga sangat cocok ditanam di sekitar rumah, atau bahkan di dalam rumah.

Berikut ini beberapa tanaman yang dapat dijadikan aromaterapi seperti dikutip dari Idntimes.com dan Cekaja.com:

1. Kayu manis

Aroma khasnya yang manis dan sedikit pedas membuat kayu manis dapat membantu meningkatkan suasana hati, mengurangi rasa kantuk, dan membantu meringankan rasa sakit. Menghirup aroma kayu manis juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan kinerja.

Baca Juga: Miss V Bau Setelah Berhubungan Seks? Hilangkan dengan Ini

2. Lavender

Tanaman hias yang memiliki bunga warna ungu cantik ini, sudah sangat terkenal sebagai tanaman anti nyamuk. Pasalnya, hanya dengan aromanya saja, tanaman ini sudah mampu mengusir dan membunuh nyamuk dalam sekejap.

Tidak hanya itu, aroma yang dimiliki tanaman ini pun sangat harum, sehingga cocok dijadikan sebagai pengharum ruangan alami.

3. Kemangi

Kemangi mengandung senyawa yang dapat mengurangi stres, yang juga bisa membantu mengatur tekanan darah dan detak jantung. Selain itu, ketika digunakan untuk aromaterapi, kemangi memiliki potensi untuk meningkatkan suasana hati, menghilangkan rasa sakit dari nyeri otot, membantu dengan depresi dan kecemasan, serta dan meningkatkan kewaspadaan.

4. Chamomile

Tanaman yang bagian bunganya sering digunakan sebagai campuran dari minuman teh ini, nyatanya mampu mengobati berbagai jenis gejala penyakit, seperti sakit perut, sakit kepala, muntah-muntah, serta antidepresan ringan.

Baca Juga: Makanan Sehat bagi Pengidap Asam Lambung

Jika ingin memiliki tanaman yang satu ini, kamu bisa menemukannya di lahan kosong atau pinggir jalan, karena tanaman ini tumbuh liar.

5. Peppermint

Tanaman ini sebenarnya sudah tidak perlu diragukan lagi khasiatnya, karena memang sudah banyak digunakan untuk campuran banyak produk rumah tangga, kosmetik, bahkan makanan dan minuman.

Apalagi aroma mentol yang dimiliki tanaman ini sangat kuat, sehingga sering dijadikan sebagai pengharum ruangan alami, bahkan bahan campuran pengharum ruangan. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga