Ini Tips Hilangkan Bau Mulut Akibat Makan Bawang

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 20 Juli 2023
0 dilihat
Ini Tips Hilangkan Bau Mulut Akibat Makan Bawang
Mengonsumsi bawang-bawangan dapat menyebabkan bau mulut, bawang mengandung sulfur, yang akan mengeluarkan gas ketika dipotong atau dihancurkan. Foto: Halodoc.com

" Mengonsumsi bawang-bawangan dapat menyebabkan bau mulut, bau khas tersebut disebabkan oleh bahan kimia yang mengandung belerang pada bawang putih dan bawang merah "

KENDARI, TELISIK.ID - Mengonsumsi bawang-bawangan dapat menyebabkan bau mulut, bau khas tersebut disebabkan oleh bahan kimia yang mengandung belerang pada bawang putih dan bawang merah.

Mengutip Klikdokter.com, dua makanan potensial yang paling sering kali menimbulkan bau mulut adalah bawang putih dan merah, terutama ketika dikonsumsi secara mentah. 

Bawang mengandung sulfur, yang akan mengeluarkan gas ketika dipotong atau dihancurkan. Ketika bercampur dengan bakteri yang mengeluarkan gas, bau mulut yang tidak sedap pun akan muncul. 

Berikut beberapa cara menghilangkan bau bawang di mulut yang bisa Anda lakukan:

Baca Juga: Tips Simpan Cabai Lebih Awet dan Tak Mudah Busuk

1. Minum Air Putih

Untuk menghilangkan rasa bawang putih atau merah di mulut, caranya bisa dengan minum air putih. Ini akan membantu menghanyutkan sisa bawang yang berada pada sela-sela gigi dan lidah Anda. Tak hanya itu, air putih akan merangsang produksi air liur yang juga membantu mengurangi bakteri yang memproduksi bau mulut. 

2. Gunakan sikat lidah

Kita sering lalai menyikat lidah dan langit-langit mulut, sementara bagian belakang lidah adalah tempat yang ideal bagi bakteri untuk berkumpul. Menggunakan pengikis atau sikat lidah setiap hari dapat mengangkat sel kulit mati, mikroba, dan partikel kecil makanan. Rutinlah menggunakan sikat lidah hingga tidak ada residu yang tertinggal.

3. Bilas dengan obat kumur

Obat kumur yang berbau kuat, seperti yang mengandung peppermint, dapat menutupi bau bawang pada napas. Beberapa riset menunjukkan bahwa menggunakan obat kumur yang mengandung klorin dioksida sangat efektif untuk menghilangkan plak, bakteri, dan partikel makanan kecil.

Baca Juga: Tips Hamil Anak Laki-Laki, Pasutri Bisa Lakukan Ini

4. Konsumsi buah dan sayur mentah

Mengonsumsi buah dan sayuran segar yang masih mentah dapat menjadi salah satu cara menghilangkan bau bawang di mulut. Pada suatu studi ditemukan bahwa apel dan selada mentah dapat mengurangi bau bawang dari mulut. 

5. Kunyah permen karet

Permen karet dengan rasa mint dapat menyembunyikan bau tidak sedap ketika Anda mengunyahnya. Gerakan mengunyah juga merangsang produksi air liur, yang dapat membantu membuang bakteri dan sisa makanan dari mulut. 

Selain itu, peneliti menemukan bahwa mengunyah permen karet tanpa gula selama 20 menit setelah makan dapat mengurangi risiko kerusakan gigi. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga