Ini Unggulan Sidomakmur Wakili Muna Barat pada Ajang Lomba Desa

Putri Wulandari, telisik indonesia
Jumat, 31 Mei 2024
0 dilihat
Ini Unggulan Sidomakmur Wakili Muna Barat pada Ajang Lomba Desa
Kepala BPMD Sulawesi Tenggara, I Gede Panca (kanan) bersama Kepala BPMD Muna Barat, Aswin (kiri) saat menghadiri penilaian lomba desa di Desa Sidomakmur, Kecamatan Tiworo Kepulauan. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Telah memenuhi syarat mewakili Muna Barat di ajang lomba desa tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara, ini beberapa keunggulan Desa Sidomakmur, Kecamatan Tiworo Kepulauan "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Telah memenuhi syarat mewakili Muna Barat di ajang lomba desa tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara, ini beberapa keunggulan Desa Sidomakmur, Kecamatan Tiworo Kepulauan.

Unggul di tingkat Kabupaten Muna Barat, Desa Sidomakmur, Kecamatan Tiworo Kepulauan wakili Muna Barat di ajang lomba desa tingkat Sulawesi Tenggara.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, I Gede Panca mengatakan, lomba desa merupakan kegiatan dari implentasi dan evaluasi dalam menindaklanjuti peraturan menteri dalam negeri nomor 81 tahun 2005 tentang evaluasi perkembangan desa.

Baca Juga: Pelepasan 22 Calon Jemaah Haji, Pj Bupati Muna Barat Titip Pesan

Sehingga tujuan dari lomba desa ini bukan hanya untuk mencari penilaian terbaik dari desa tersebut, tetapi sebagai wujud pembinaan di desa.

Namun, dalam segi pembinaan menghasilkan desa yang baik maka akan diberikan reward, wujud reward itu berupa barang atau lainnya. Kemudian desa yang unggul di Sulawesi Tenggara akan menghadiri perayaan HUT kemerdekaan RI di IKN.

Untuk itu, ada beberapa aspek yang akan dinilai oleh pihaknya yaitu seputar pemerintahan, lembaga kemasyarakatan, kerjasama antar masyarakat dengan aparatur, aspek ekonomi termasuk Bumdes, Linmas, dan organisasi kemasyarakatan yang terlibat dalam pembangunan desa.

Esensi dari lomba desa ini untuk memotivasi agar seluruh pengurus desa dan lembaga kemasyarakatan mampu bersinergi dalam membangun desa yang lebih baik ke depannya.

Sehingga hasil dari penilaian ini, bisa dilihat kelemahan dan kekuatan suatu desa agar mampu memperbaiki dan meningkatkan agar menjadi lebih baik.

Sementara itu, Kepala BPMD Muna Barat, Aswin mengatakan, Desa Sidomakmur dalam mewakili Kabupaten Muna Barat di ajang lomba desa tingkat Sulawesi Tenggara telah dinilai pada ajang lomba desa tingkat kabupaten di Tahun 2023.

"Desa Sidomakmur dalam penilaiannya telah memenuhi syarat untuk mewakili Muna Barat di tingkat provinsi," ujarnya.

Selanjutnya, Kepala Desa Sidomakmur, Kurniati mengatakan, jika dilihat dari segi pemerintahan yaitu desa tersebut telah berbasis teknologi informasi misalnya dalam pengelolaan keuangan desa menggunakan aplikasi Siskeudes, evaluasi penyelenggaraan pemerintah desa menggunakan aplikasi Epdeskel, dan dalam membuat profil desa menggunakan profil desa.

Sidomakmur sebagai desa berkembang mayoritas masyarakatnya bermata pencaharian sebagai petani, dapat dilihat sebagian wilayahnya dipenuhi sawah serta masyarakatnya membuat inovasi unggulan produk desa yaitu pembuatan gula merah dan jamu.

Kebijakan anggarannya juga bersumber dari dana desa, alokasi dana desa termasuk BKK senilai Rp 100 juta, hasil pembangunan di tahun 2023 yaitu pembukaan jalan usaha tani, gerbang batas desa, rehabilitasi pagar kantor desa, tanggul penahan tanah, dan drainase jalan poros, serta pengadaan bibit padi unggul dan bibit ayam potong.

Baca Juga: KPK Sebut Upaya Pencegahan Korupsi Muna Barat Alami Penurunan

Program pembangunan di tahun 2024 yaitu pembangunan deker jalan usaha tani, rabat halaman paud, kanopi halaman kantor, galian saluran pembuangan, pengadaan bibit sapi, BLT dan bantuan material RTLH.

"Tingkat keamanan dan kenyamanan juga di sini, Alhamdulillah terjaga, sepanjang kurun waktu 2023-2024 tidak pernah terjadi konflik berbau sara dan lainnya," ujarnya.

Dalam penanggulangan bencana alam pihaknya sigap membentuk tim siaga bencana, berkoordinasi dengan Pemda khususnya BPBD, dan melakukan edukasi pada masyarakat terkait dengan pencegahan bencana alam. (A)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga