KPK Sebut Upaya Pencegahan Korupsi Muna Barat Alami Penurunan

Putri Wulandari, telisik indonesia
Kamis, 30 Mei 2024
0 dilihat
KPK Sebut Upaya Pencegahan Korupsi Muna Barat Alami Penurunan
Rapat koordinasi bersama KPK RI terkait program pencegahan korupsi terintegrasi. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Kabupaten Muna Barat menjadi lokus survei Monitoring Center for Prevention (MCP), Kamks (30/2024). Hal ini karena Tim kordinator wilayah IV KPK RI menyebut MCP Muna Barat mengalami penurunan "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Kabupaten Muna Barat menjadi lokus survei Monitoring Center for Prevention (MCP), Kamks (30/2024). Hal ini karena Tim kordinator wilayah IV KPK RI menyebut MCP Muna Barat mengalami penurunan.

Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka kegiatan koordinasi terhadap pencegahan korupsi terintegrasi tahun 2024, sehingga ada beberapa kegiatan yang menjadi fokus area terkait dengan MCP atau upaya yang dilakukan oleh KPK RI untuk mendorong pencegahan korupsi melalui upaya-upaya preventif dengan melakukan intervensi, SPI serta pelayanan publik.

Kepala Satuan Pencegahan Korupsi, Tribudi Rohmanto mengatakan, Muna Barat menjadi lokus untuk survey pencegahan korupsi. Pihaknya juga berharap capaian pada 2023 terkait dengan MCP dan SPI dapat ditingkatkan.

Baca Juga: KPK Imbau DPRD Muna Barat, Ini Isinya

Hal ini dilakukan kata dia, karena pada tahun 2023 capaian Muna Barat kurang baik yaitu berada di urutan ke empat dari bawah se Sulawesi Tenggara dan mencapai 49 persen.

"Sehingga kedatangan kami untuk memberikan penguatan dan berharap ada komitmen dari Pemda untuk peningkatan MCP," ujarnya, Kamis (30/5/2024).

Ia menyebut, pada tahun sebelumnya sekitar tahun 2019 capaian MCP Kabupaten Muna Barat mencapai 80 persen. Namun saat ini mengalami penurunan, hal ini ditemukan kendala pada teknis terkait verifikasi oleh Kemendagri, dan hampir seluruh Pemda juga mengeluhkan terkait waktu yang terbatas, feedback yang diberikan tidak direspon, dan perkara lainnya terkait jaringan.

Sementara itu, Pj Bupati Muna Barat, La Ode Butolo mengatakan, Pemda Muna Barat terus berkomitmen untuk meningkatkan pencapaian MCP, saat ini masih dalam proses pelaksanaan oleh OPD terkait pemangku area intervensi dengan pendampingan dari inspektorat.

"Kami berkaca dari capaian MCP di tahun 2023, tetapi hal ini tidak menyurutkan untuk bersinergi dalam mencapai target MCP," ujarnya.

Baca Juga: Potensi VCO Akan Dikembangkan untuk Peningkatan Kesejahteraan UMKM Muna Barat

Sehingga terhadap instrument kegiatan yang belum diselesaikan atau yang melibatkan lembaga-lembaga di luar pemerintah daerah koordinasi akan tetap dilakukan sehingga apa yang diharapkan di tahun 2024 segera terpenuhi.

Pemda Muna Barat juga meminta KPK untuk terus memberikan arahan dan bimbingan dalam upaya pencegahan korupsi guna meningkatkan tata kelola pemerintahan di Kabupaten Muna Barat.

Ia juga berharap agar seluruh peserta dapat menerapkan di OPD masing-masing dan bersinergi, berkomitmen bersama serta berkolaborasi untuk mencapai tujuan mewujudkan pemerintahan yang bersih, transparan, akuntabel, dan bebas dari korupsi. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga