Pelepasan 22 Calon Jemaah Haji, Pj Bupati Muna Barat Titip Pesan

Putri Wulandari, telisik indonesia
Kamis, 30 Mei 2024
0 dilihat
Pelepasan 22 Calon Jemaah Haji, Pj Bupati Muna Barat Titip Pesan
Pj Bupati Muna Barat memberikan sambutan saat pelepasan calon jamaah haji tahun 2024. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Pj Bupati Muna Barat, La Ode Butolo, menitipkan beberapa pesan penting untuk 22 calon jamaah haji yang baru saja mengikuti pelepasan Jemaah Haji 1445 Hijriah "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Pj Bupati Muna Barat, La Ode Butolo, menitipkan beberapa pesan penting untuk 22 calon jamaah haji yang baru saja mengikuti pelepasan Jemaah Haji 1445 Hijriah.

Pelepasan calon jamaah haji itu dilaksanakan di Masjid Al Muhajirin, Desa Latugho, Kecamatan Lawa yang diikuti oleh Pj Bupati Muna Barat, Sekda Muna Barat, pihak Kemenag Muna Barat, dan seluruh Jamaah haji, Kamis (30/5/2024).

Pj Bupati Muna Barat, La Ode Butolo mengatakan, calon jamaah haji saat ini mampu memberikan spirit untuk mendaftarkan haji bagi yang telah mampu sebagai penyempurna rukun Islam, sekaligus untuk memberikan doa bagi calon jamaah haji untuk diberikan kekuatan, kesehatan lahir dan batin.

Baca Juga: KPK Sebut Upaya Pencegahan Korupsi Muna Barat Alami Penurunan

Pelepasan calon jamaah haji sebagai wujud apresiasi Pemda sebagaimana yang telah dilakukan sebelumnya. Hal ini juga sebagai kebijakan bupati Muna Barat menanggung biaya transportasi lokal calon jamaah haji pulang pergi dari pelabuhan Nusantara Raha ke asrama haji Makassar.

"Ini bagian dari visi misi Muna Barat yang mewujudkan masyarakat religius," ujarnya, Kamis (30/5/2024).

Untuk itu, ia mengharapkan agar calon jamaah haji mempersiapkan diri baik secara fisik dan mental maupun pemahaman terhadap proses perjalanan ibadah haji sesuai dengan ketentuan syariat Islam sebagaimana telah dilakukan dalam pembinaan manasik haji.

Ia juga menitipkan beberapa pesan yaitu calon jamaah haji harus menjaga kesehatan karena suhu udara jauh berbeda dengan di Tanah Air, senantiasa mendoakan masyarakat Muna Barat agar meningkat kesejahteraannya, sehingga semakin banyak yang menunaikan ibadah haji.

Selanjutnya, calon jamaah haji diminta untuk mendoakan Pemda agar diberikan petunjuk sehingga terus eksis dalam ikhtiar memajukan dan memakmurkan daerah, serta diminta doa bagi kabupaten Muna Barat yang etnis dan multi religi, multi kultural tetap terjaga kedamaian dan keharmonisannya agar tidak goyah dan retak oleh berbagai kritik dan provokasi.

Baca Juga: KPK Imbau DPRD Muna Barat, Ini Isinya

Sementara itu, Kepala kantor Kemenag Muna Barat, Khalifah mengatakan, sesuai Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh (UU Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh) menjadi landasan hukum bagi penyelenggaraan ibadah haji dan umrah secara aman, nyaman, tertib, dan sesuai dengan ketentuan syariat serta untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan Haji dan Umrah.

Ia mengatakan, dari jumlah calon jamaah haji Kabupaten Muna Barat sebanyak 22 orang terdiri dari 13 wanita dan 11 laki-laki. Calon jamaah haji ini tercatat telah mendaftar dari tahun 2012.

"Umur yang tertua 70 tahun dan termuda 38 tahun, serta masuk dalam kloter 31 amberkasi Hasanudin Makassar," pungkasnya. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga