Rescue Pos SAR Wakatobi Berhasil Evakuasi Longboat Mati Mesin dan Awak dari Perairan Kapota

Febriyani, telisik indonesia
Kamis, 26 September 2024
0 dilihat
Rescue Pos SAR Wakatobi Berhasil Evakuasi Longboat Mati Mesin dan Awak dari Perairan Kapota
Ketgam: Tim Rescue Pos SAR Wakatobi saat mengevakuasi sebuah longboat yang mengalami mati mesin di perairan karang Kapota, ke Dermaga Marina Wanci. Foto: Ist

" Tim Rescue Pos SAR Wakatobi berhasil mengevakuasi sebuah longboat yang mengalami mati mesin di perairan Karang Kapota, Rabu (25/9/2024). Longboat berisi tiga orang, termasuk Laose (37), yang melaporkan insiden tersebut "

WAKATOBI, TELISIK.ID — Tim Rescue Pos SAR Wakatobi berhasil mengevakuasi sebuah longboat yang mengalami mati mesin di perairan Karang Kapota, Rabu (25/9/2024). Longboat berisi tiga orang, termasuk Laose (37), yang melaporkan insiden tersebut.

Kepala KPP Kendari, Amiruddin A.S, menjelaskan bahwa laporan diterima pada pukul 16.20 WITA. Segera setelah itu, Tim Rescue diberangkatkan menggunakan RIB untuk memberikan bantuan. “Jarak lokasi kejadian dari Dermaga Marina Wanci sekitar 18 NM,” ungkap Amiruddin.

Tim SAR Gabungan berhasil menemukan longboat beserta ketiga orang awaknya dalam keadaan selamat pada pukul 17.40 WITA.

Baca Juga: Bawaslu Muna Minta KPU Segera Pasang APK Paslon Bupati - Wabup

Baca Juga: Pjs Bupati Muna Yuni Nurmalawati Ingatkan ASN Jaga Netralitas di Pilkada 2024

Selanjutnya, pada pukul 20.40 WITA, korban tiba di Pelabuhan Marina Wanci, didampingi oleh KNP 4008 KPLP Wanci. Tim SAR kemudian berkoordinasi dengan pihak keluarga untuk kepulangan mereka ke Baubau.

Amiruddin menjelaskan bahwa longboat berangkat dari Baubau pada Selasa (24/9/2024) pagi sekitar pukul 07.00 WITA untuk mencari ikan. Namun, pada Rabu (25/9/2024) pagi sekitar pukul 08.00 WITA, longboat menabrak karang, menyebabkan baling-baling patah.

Kejadian ini membuat ketiga awak longboat membutuhkan bantuan SAR. Ketiga orang yang terlibat dalam insiden ini adalah Laose (37), Usman (50), dan Dedi (30), yang merupakan warga Kota Baubau. (C)

Penulis: Febriyani

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga