Innalillah, Satu PDP Baru di Bombana Meninggal

Hir Abrianto, telisik indonesia
Sabtu, 16 Mei 2020
0 dilihat
Innalillah, Satu PDP Baru di Bombana Meninggal
Mobil ambulance yang digunakan menjemput pasien COVID-19. Foto: Hir/Telisik

" Dari hasil pemeriksaan yang dikeluarkan oleh dokter, kami lakukan edukasi persuasif terkait hasil dan rencana rujukan ke rumah sakit terhadap keluarga almarhum. "

BOMBANA, TELISIK. ID - Kabar duka diumumkan Satgas COVID-19 Bombana. Seorang laki-laki inisial R berusia 36 tahun berstatus PDP, menghembuskan nafas terakhir pada Jumat malam (15/5/2020) di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Bombana.

Juru Bicara Satgas COVID-19 Bombana, Heryanto, menuturkan, pada Jumat siang kemarin sekitar pukul 12.20 Wita, pasien tersebut masuk RSUD Bombana, di IGD COVID-19. Pasien mengeluh sesak nafas, batuk dan nyeri di ulu hati. Kemudian dilakukan rapid test namun hasilnya non reaktif.

Baca juga: Dua Kecamatan di Bombana Dikarantina

Oleh dokter, dilakukan pemeriksaan lanjutan. Berdasarkan hasil laboratorium darah rutin, dua jam setelahnya dikonfirmasi pasien mengidap leukositosis, limfositopenia.

Tak sampai disitu, pihak dokter terus melakukan pemeriksaan riwayat penyakit lainnya. Dari hasil foto thorax, sekitar pukul 16.00 dokter mengumumkan kondisi PDP dengan riwayat pneumonia bilateral, dengan tanda tanda TB paru aktif.

"Dari hasil pemeriksaan yang dikeluarkan oleh dokter, kami lakukan edukasi persuasif terkait hasil dan rencana rujukan ke rumah sakit terhadap keluarga almarhum," tutur Heryanto.

Baca juga: Oknum TNI Tiduri Istri Polisi, Keduanya Ditembak Suami Pelaku

Sambil menunggu keputusan bersama, pasien yang baru saja ditetapkan sebagai PDP menghembuskan nafas terakhirnya sekitar pukul 23.43 Wita tadi malam.

"Setelah diketahui meninggal dunia, kami berunding dengan keluarga almarhum untuk pemakaman diberlakukan protap COVID-19. Tiga jam berunding sampai ada keputusan," lanjut Heryanto.

Rencananya, jenazah almarhum akan dikebumikan pagi ini oleh Tim Pemakaman Jenazah COVID-19 Satgas Polres Bombana.

Kepada keluarga almarhum, Pemerintah Kabupaten Bombana mengucapkan turut berbelasungkawa. Serta berterima kasih karena telah mengikhlaskan pemakaman dilakukan oleh Satgas COVID-19.

Reporter: Hir

Editor: Rani

Baca Juga