Inovasi Daerah Muna Peringkat II Tingkat Sulawesi Tenggara

Sunaryo, telisik indonesia
Selasa, 27 Desember 2022
0 dilihat
Inovasi Daerah Muna Peringkat II Tingkat Sulawesi Tenggara
Bupati Muna, LM Rusman Emba menyerahkan penghargaaan IGA pada beberapa OPD. Foto: Sunaryo/Telisik

" Inovasi daerah yang dihasilkan organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten Muna menempati urutan UI tingkat Sulawesi Tenggara "

MUNA, TELISIK.ID - Inovasi daerah yang dihasilkan organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten Muna menempati urutan UI tingkat Sulawesi Tenggara.

Plt Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Muna, La Ode Matalana menerangkan, posisi kedua yang diraih Pemkab itu berdasarkan pengukuran indeks inovasi daerah (IID) tahun 2021-2022.

"Untuk tingkat nasional, kita masuk kategori kabupaten inovatif dengan urutan 173," kata Matalana, Selasa (27/12/2022).

Baca Juga: Pemkab Muna Bentuk Tim Perlindungan Perempuaan dan Anak

Nah, untuk tahun ini, terjadi peningkatan yang signifikan jumlah OPD yang berpartisipasi dalam pengukuran IID. Saat ini, ada 11 OPD dengan 29 inovasi yang telah didaftatkan.

"Sembilan inovasi dikirim untuk dilombakan di ajang Innovative Government Award (IGA) yang akan diumumkan tahun 2023," ujarnya.

Ia berharap tahun 2023, semakin banyak inovasi yang dilaporkan ke portal IGA agar peringkat dapat meningkat baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

Baca Juga: Telisik.id Diganjar Penghargaan Appreciations Bank Sultra For Media 2022

"Kita harap kerja sama semua pihak untuk berinovasi dalam rangka meningkatkan kinerja," pintanya.

Sementara itu, Bupati Muna, LM Rusman Emba menekankan pada OPD untuk menciptakan inovasi demi kemajuan daerah. Ia tidak mau dengar, ada OPD yang mengeluh dalam merumuskan inovasi, karena tidak tersedianya anggaran.

"Mulai sekarang sudah harus ada inovasi, karena tanpa didukung anggaran, kita sudah berhasil meraih peringkat kedua," tukasnya. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga