Israa Jaabis, Warga Palestina Cacat Fisik Usai Ditahan 8 Tahun Oleh Israel

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 26 November 2023
0 dilihat
Israa Jaabis, Warga Palestina Cacat Fisik Usai Ditahan 8 Tahun Oleh Israel
Israa Jaabis tidak menerima perawatan medis yang memadai dari Sistem Penjara Israel (IPS) ia mengalami cacat fisik, dan kesakitan yang luar biasa. Foto: Monitordooriente.com

" Otoritas penjara di Israel mengumumkan telah membebaskan 39 orang tahanan Palestina usai Hamas membebaskan 13 sandera. Salah satu tahanan Palestina yang dibebaskan dari penjara Israel Sabtu malam adalah Israa Jaabis "

TEL AVIV, TELISIK.ID - Otoritas penjara di Israel mengumumkan telah membebaskan 39 orang tahanan Palestina usai Hamas membebaskan 13 sandera. Salah satu tahanan Palestina yang dibebaskan dari penjara Israel Sabtu malam adalah Israa Jaabis

Israa Jaabis mengatakan kepada wartawan, dia sangat bersyukur karena telah dikeluarkan dari penjara Israel tetapi juga merasa "malu untuk bersukacita ketika Palestina disakiti," tuturnya dikutip dari Detik.com.

“Kita harus berupaya membebaskan semua tahanan dari penjara pendudukan,” tambah Jaabis.

Baca Juga: Deretan Update Palestina Selama 49 Hari, Terbaru Israel Klaim Air Hujan Miliknya

Israa Jaabis telah dibebaskan dan berkumpul kembali dengan keluarganya di rumah mereka di Yerusalem Timur. Jaabis dihukum karena dituduh meledakkan tabung gas di mobilnya di sebuah pos pemeriksaan pada tahun 2015. Aksinya itu melukai seorang petugas polisi dan berujung penangkapan terhadap dirinya.

"Saya bayangkan apa yang orang lain rasakan ketika mereka melihat saya.”

Demikian kata-kata Israa Jaabis, seorang ibu Palestina berusia 33 tahun asal Yerusalem yang mendekam di Hasharon, satu-satunya penjara Israel untuk tahanan perempuan Palestina.

Baca Juga: Sepakat Genjatan Senjata, Segini Jumlah Korban di Palestina

Luka bakar yang dialaminya, disebabkan oleh ledakan di dalam mobil karena kesalahan teknis. Dia tidak menerima perawatan medis yang memadai dari Sistem Penjara Israel (IPS) atas luka karena terbakar secara fisik, dan kesakitan yang luar biasa yang dia alami seperti dilansir dari Aceh.Tribunnews.com

Dan hidungnya memiliki lubang menganga di satu sisi; dia bernapas sebagian besar melalui mulutnya. Dia juga menderita gangguan saraf, syok, dan krisis psikologis yang parah. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga