Sepakat Genjatan Senjata, Segini Jumlah Korban di Palestina

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 22 November 2023
0 dilihat
Sepakat Genjatan Senjata, Segini Jumlah Korban di Palestina
Korban tewas Palestina bertambah mencapai 14 ribu orang imbas serangan Israel. Anak-anak korban tewas sedikitnya berjumlah 5.600 orang. Foto: Aljazeera.com

" Israel mengumumkan telah menyepakati perjanjian gencatan senjata dengan milisi Hamas di Jalur Gaza Palestina. Dalam pernyataan, Hamas mengonfirmasi gencatan senjata akan berlangsung selama empat hari "

GAZA, TELISIK.ID - Israel mengumumkan telah menyepakati perjanjian gencatan senjata dengan milisi Hamas di Jalur Gaza Palestina. Dalam pernyataan, Hamas mengonfirmasi gencatan senjata akan berlangsung selama empat hari.

Tapi belum jelas kapan gencatan senjata akan dimulai lantaran Israel masih terus menggempur Jalur Gaza sampai hari ini. Israel bahkan memerintahkan Rumah Sakit Indonesia di Gaza untuk dievakuasi dan mengancam akan menggempur fasilitas kesehatan itu dalam empat jam ke depan.

Dalam rapat kabinet Israel, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan kesepakatan gencatan senjata selama empat hari ini termasuk pembebasan sandera yang masih ditahan Hamas

Baca Juga: Kekeh Serang Warga Sipil di Gaza Ternyata Ini Niat Terselubung Israel dan AS

Sementara itu, Hamas menyambut baik kesepakatan gencatan senjata "kemanusiaan" dengan Israel ini.

"Ketentuan perjanjian ini dirumuskan sesuai dengan visi perlawanan dan faktor-faktor penentunya yang bertujuan untuk melayani rakyat kami dan meningkatkan ketabahan mereka dalam menghadapi agresi," bunyi pernyataan Hamas seperti dikutip dari Cnnindonesia.com.

Sementara itu, korban tewas di wilayah Gaza, Palestina, bertambah mencapai 14 ribu orang imbas serangan Israel. Anak-anak korban tewas sedikitnya berjumlah 5.600 orang.

Baca Juga: Tank Israel Kepung RS Indonesia, Mayat Bergelimpangan

Seperti dilansir Detik.com, Rabu (22/11/2023), pemerintah di Gaza telah merilis jumlah korban terbaru pada 21 November. Lebih dari 14.128 warga Palestina telah tewas sejak 7 Oktober, termasuk sedikitnya 5.600 anak-anak dan 3.550 wanita.

Sebanyak 33.000 orang terluka, lebih dari 6.800 orang hilang, baik terjebak di bawah reruntuhan maupun dalam wujud jenazah yang belum teridentifikasi.

Selain korban meninggal, fasilitas lainnya sebanyak 44.000 unit perumahan telah hancur di Gaza dan 230.000 unit rusak, yang berarti bahwa 60 persen dari seluruh perumahan di Jalur Gaza tidak layak huni akibat perang. Sedangkan 26 rumah sakit dan 55 pusat kesehatan tidak dapat beroperasi. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga