Jadi Khatib Salat Idul Adha di Lapangan Balai Kota Kendari, Ini Pesan Wakil Gubernur

Sumarlin, telisik indonesia
Kamis, 29 Juni 2023
0 dilihat
Jadi Khatib Salat Idul Adha di Lapangan Balai Kota Kendari, Ini Pesan Wakil Gubernur
Ratusan warga Kota Kendari melaksanakan salat Idul Adha di lapangan kantor Balai Kota Kendari. Di lokasi ini. Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara menjadi khatib. Foto: Sumarlin/Telisik

" Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara, Lukman Abunawas, menjadi khatib pada pelaksanaan salat Idul Adha di lapangan upacara kantor Balai Kota Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara, Lukman Abunawas, menjadi khatib pada pelaksanaan salat Idul Adha di lapangan upacara kantor Balai Kota Kendari, Kamis (29/6/2023).

Dalam khutbahnya, Lukman Abunawas menyampaikan beberapa hal tentang pelajaran dan hikmah yang bisa diambil dari pelaksanaan ibadah haji dan pelaksanaan kurban yang dicontohkan oleh Nabi Ibrahim As.

Menurut Lukman Abunawas, sosok Nabi Ibrahim merupakan contoh teladan seorang pemimpin karena ucapan dan perilakunya bersesuaian.

"Dengan pendekatan uswatun hasanah dan kekuatan moralitas, pemimpin akan selalu menjadi teladan bagi para rakyatnya sehingga melahirkan sikap bijaksana, kasih sayang dan membela yang lemah," ucapnya.

Baca Juga: Ribuan Warga Kendari Padati Masjid Umushabri untuk Salat Idul Adha

Ketua Dewan Masjid Sulawesi Tenggara ini menjelaskan, Nabi Ibrahim merupakan sosok seorang pemimpin berfikiran terbuka dan kritis. Jika dilihat dari latar belakang keluarga, Nabi Ibrahim lahir dari keluarga penyembahan berhala. Namun meskipun dia mengetahui risalah yang dia bawa atas perintah Allah berbeda dengan orang tuanya, dia tetap berlaku sopan dan lemah lembut pada orang tuanya.

Nabi Ibrahim juga merupakan kepala keluarga yang sukses, ikhlas dan sabar serta terbuka, seperti saat menerima perintah Allah SWT untuk menyembelih anaknya, dia mendiskusikan pada anak dan istrinya.

Di akhir khutbahnya, Wagub Sulawesi Tenggara meminta pada jemaah untuk mendoakan jemaah haji Sulawesi Tenggara, Kota Kendari, khususnya Pj Wali Kota Kendari agar bisa menjalankan ibadah haji dengan lancar, hingga kembali ke Tanah Air dengan selamat dan amal ibadah hajinya diterima Allah SWT.

Baca Juga: Ribuan Warga Kendari Salat Idul Adha 1444 H Hari Ini

Hal senda juga diungkapkan Pelaksana harian (Plh) Wali Kota Kendari, Ridwansyah Taridala.

"Mari kita bersama-sama mendoakan Bapak Pj Wali Kota Kendari yang sedang menjalankan ibadah haji bersama jutaan kaum muslimin dan muslimat seluruh dunia. InsyaAllah jemaah haji Sulawesi Tenggara, khususnya Kota Kendari, bil khusus pimpinan Kota Kendari bapak H. Asmawa Tosepu diridhoi dalam melaksanakan ibadah haji," ungkapnya.

Bersama Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara hadir juga sejumlah pejabat Pemda Sulawesi Tenggara, serta para kepala OPD, camat dan lurah lingkup Pemerintah Kota Kendari. (B)

Penulis: Sumarlin

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga