Jalan Menuju Lokasi Pemukiman Transmigrasi di Muna Dipastikan Tuntas Tahun Ini

Sunaryo, telisik indonesia
Kamis, 30 September 2021
0 dilihat
Jalan Menuju Lokasi Pemukiman Transmigrasi di Muna Dipastikan Tuntas Tahun Ini
Jalan trans Wandiri. Foto: Sunaryo/Telisik

" Untuk pembangunan jalan tersebut, anggaranya bersumber dari dana pinjaman Pemkab pada PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) sebesar Rp 2,7 miliar "

MUNA, TELISIK.ID - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Kabupaten Muna terus membenahi inftrastruktur dasar yang ada di lokasi pemukiman transmigrasi.

Tahun ini, instansi yang dipimpin Fajaruddin Wunanto itu akan fokus menyelesaikan infrastruktur jalan yang ada di kawasan transmigrasi Wandiri, Kecamatan Wakorumba Selatan (Wakorsel).

"Masih ada yang tersisa sekitar 4 KM, insyaAllah, kita tuntaskan sebelum akhir tahun," kata Fajaruddin, Kamis (29/9/2021).

Untuk pembangunan jalan tersebut, anggaranya bersumber dari dana pinjaman Pemkab pada PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) sebesar Rp 2,7 miliar. Pekerjaanya meliputi, penetrasi, drainase dan box caver.

"Ada juga tambahan sebesar Rp 750 juta untuk lanjutan penetrasi jalan yang terhubung dengan pemukiman trans Wandiri," sebutnya.

Dengan ada dana pinjaman itu, menurut dia, akan menuntaskan problem yang ada di Wandiri. Masyarakat yang berjumlah sekitar 100 kepala keluarga (KK) tentunya akan merasakan manfaatnya.

Pasalnya, sejak penempatan tahun 2007 silam, mereka kesulitan memasarkan hasil produksi pertaniannya, akibat kondisi jalan yang rusak parah.

Baca Juga: Petani Koltim Sukses Ekspor 200 Ton Jagung ke Surabaya

Baca Juga: Sudah Menahun, Gedung Miliaran Rupiah di Kendari Tidak Difungsikan

"Dengan akses jalan yang tembus ke pemukiman, akan membantu warga trans untuk memasarkan hasil pertaniannya," ujarnya.

Persoalan infrastruktur di pemukiman trans di wilayah Muna Timur Raya (Mutiara) menjadi prioritas Bupati Muna, LM Rusman Emba. Karenanya, untuk tahun 2022 telah diusulkan lagi untuk pembenahan infrastruktur di UPT Raimuna dan Langkoroni, Kecamatan Maligano melalui APBN.

"Sudah kita usul programnya. Hanya kita berapa besar anggaran yang diporsikan. Prinsipnya, APBN pasti kita peroleh, apalagi ada Wakil Komisi V DPR-RI, Ridwan Bae yang selama ini memback up penganggarannya," pungkasnya. (C)

Reporter: Sunaryo

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga