Jelang Akhir Masa Jabatan Tafdil-Johan, Bombana Raih WTP Ke-9

Hir Abrianto, telisik indonesia
Selasa, 31 Mei 2022
0 dilihat
Jelang Akhir Masa Jabatan Tafdil-Johan, Bombana Raih WTP Ke-9
Wakil Bupati Bombana, Johan Salim, saat menerima penyerahan berkas laporon pengelolaan keuangan daerah Bombana. Foto : Dinas Kominfo Bombana

" Jelang masa jabatan kepala pemerintahan dilepas, Kabupaten Bombana terus menorehkan berbagai prestasi khususnya di bidang pelayanan "

BOMBANA, TELISIK.ID - Masa jabatan pemerintahan Bupati dan Wakil Bupati Bombana, Tafdil-Johan Salim sisa menghitung bulan, yakni akan berakhir hingga tanggal 23 Agustus 2022.

Jelang masa jabatan kepala pemerintahan dilepas, Kabupaten Bombana terus menorehkan berbagai prestasi khususnya di bidang pelayanan.

Terbukti pada Februari 2022 lalu, Pemerintah Kabupaten Bombona bersama sejumlah kepala OPD menerima pemberian penghargaan atas kepatuhan dalam pemenuhan kewajiban perpajakan, baik penyampaian SPT tahunan dan pembayaran pajak di wilayah kerja Kabupaten Bombana dari Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Republik Indonesia dan Pekan Panutan SPT Tahunan PPh.

Kemudian, pada 23 Mei waktu lalu, Pemkab Bombana melalui Dinas Penanaman Modal dan PTSP juga menerima penghargaan atas  "Hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik 2021" dengan Nilai A- (sangat baik), oleh Kementerian PAN RB diserahkan oleh Asisten Deputi Perumusan Sistem dan Strategi Pelayanan Publik, Muhammad Yusuf Kurniawan, SH.,M.Si yang diterima secara langsung oleh Kepala DPM-PTSP Bombana Pajawa Tarika, di Jakarta.

Sementara pada pelaporan pengelolaan keuangan daerah di Kabupaten Bombana pada masa kepemimpinan Tafdil-Johan juga patut mendapatkan acungan jempol. Pasalnya, predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulawesi Tenggara menjadi hal yang bisa diraih secara berturut-turut hingga ke-9 kalinya.

Baca Juga: Pemkab Kolaka Utara Raih WTP 8 Kali Berturut-turut

Saat ini, predikat opini WTP yang diraih Kabupaten Bombana tercatat 9 kali. Itu terhitung sejak 2013 hingga saat ini. Pemberian Opini Laporan Keuangan pada Pemerintah Daerah Kabupaten Bombana dengan Opini Wajar Tanpa Pengecualian  (WTP) Ke-9 kali secara berturut-turut oleh BPK-RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara di Kantor BPK RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara di Kendari, 31 Mei 2022 diterima oleh Wakil Bupati Bombana, Johan Salim yang disaksikan oleh sejumlah Kepala OPD dan Ketua Dewan Bombana.

Baca Juga: Datang Peringati Hari Pancasila di Ende, Warga Ungkap Isi Hati ke Jokowi

Raihan WTP sejak periode pertama hingga keduanya tersebut, menjadi bukti selama pemerintahannya dianggap tertib dalam kebijakan anggaran serta telah berhasil menerapkan tata kelola keuangan secara transparan dan akuntabel.

Menurut Johan Salim, saat dikonfirmasi oleh Telisik.id, torehan WTP secara beruntun tersebut adalah sebuah prestasi yang diraih atas kerja sama seluruh elemen pemerintah Pemkab Bombana.

“Alhamdhulillah WTP ini adalah hal yang patut disyukuri. Prestasi ini adalah bukti persamaan persepsi kita dalam menjalankan pemerintahan. Jadi bukan hanya hasil kinerja saya sebagai bupati dan Wakil Bupati, Tetapi berkat semua elemen pemerintah Pemkab Bombana yang telah bekerja keras bersama,”  Jelas Johan Salim. (C-Adv)

Penulis: Hir Abrianto

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga