Jelang Idul Adha Pedagang Pasar Lombe Buton Tengah Khawatir Sepi Pembeli

La Ode Sugia, telisik indonesia
Rabu, 05 Juni 2024
0 dilihat
Jelang Idul Adha Pedagang Pasar Lombe Buton Tengah Khawatir Sepi Pembeli
Pasar Lombe, Kelurahan Bombonawulu, Kecamatan Gu, Kabupaten Buton Tengah. Foto: La Ode Sugia/Telisik

" Pedagang Pasar Lombe, Kelurahan Bombonawulu, Kecamatan Gu, Kabupaten Buton Tengah, khawatir sepi pembeli di momen Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah "

BUTON TENGAH, TELISIK.ID - Pedagang Pasar Lombe, Kelurahan Bombonawulu, Kecamatan Gu, Kabupaten Buton Tengah, khawatir sepi pembeli di momen Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.

Kekhawatiran itu disebabkan arus mudik Lebaran Idul Adha yang kemungkinan sepi, sehingga pembeli di pasaran juga ikut berkurang.

Mardiyani (30), salah seorang pedagang mengatakan bahwa daya beli masyarakat menjelang Lebaran Idul Adha 1445 Hijriah mungkin akan berkurang. Hal itu bisa saja terjadi karena masyarakat lokal yang merantau akan lebih memilih untuk tidak pulang kampung, hingga jumlah pembeli di pasar-pasar juga berkurang.

Baca Juga: Jalan Berlubang di Gerbang Perbatasan Kabupaten Muna dan Buton Tengah, Pengguna Jalan Resah

"Tidak bisa dipungkiri bahwa daya beli di pasaran menjelang hari-hari raya itu dipengaruhi faktor mudik yang padat, banyak yang pulang kampung, maka akan banyak juga pembeli," ungkap Mardiyani, Rabu (5/6/2024).

Menurut Mardiyani, meskipun daya beli masyarakat pada momen Hari Raya Idul Adha nanti berkurang, mereka tetap akan berjualan meski pendapatan tidak sebanyak di momen Lebaran Idul Fitri.

"Meskipun saya khawatir tapi tetap harus disyukuri walaupun nanti jumlah pembeli tidak seperti yang diharapkan. Karena memang penjualan tiap Lebaran Idul Fitri dan Idul Adha itu berbeda, tergantung rezeki para pedagang. Dan lagian kondisi daya beli masyarakat juga berbeda-beda," ujarnya.

Baca Juga: DKPP Gelar Sidang Kode Etik Dugaan Pelanggaran Pemilu KPU Buton Tengah

Di sisi lain, salah seorang warga sekitar Pasar Lombe, Ima (26) mengatakan, kondisi Pasar Lombe tiap tahunnya, baik di momen perayaan Hari Raya Idul Fitri, Idul Adha, maupun hari-hari raya lainnya itu beda-beda, kadang meningkat, kadang juga berkurang.

"Berdasarkan kebiasaan sosial, faktor meningkatnya pembeli di pasaran dipengaruhi jumlah kebutuhan orang banyak, karena biasanya orang-orang tidak banyak yang pulang kampung di saat Idul Adha, maka berarti jumlah kebutuhan pun berkurang," ungkapnya.

Ia melanjutkan, di sisi lain jumlah pembeli atau daya beli masyarakat juga akan berkurang ketika harga sembako di pasaran pada momen lebaran Idul Adha 1445 Hijiriah ikut melonjak. (B)

Penulis: La Ode Sugia

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga