Jelang Lebaran 5 Kapal Cepat Standby di Pelabuhan Nusantara Kendari, KSOP Ingatkan Mudik Jauh Hari

Kardin, telisik indonesia
Senin, 10 April 2023
0 dilihat
Jelang Lebaran 5 Kapal Cepat Standby di Pelabuhan Nusantara Kendari, KSOP Ingatkan Mudik Jauh Hari
Kepala KSOP Kelas II Kendari, Kolonel Agus Winartono mengimbau masyarakat agar mudik dari jauh-jauh hari untuk menghindari kepadatan penumpang. Foto: Kardin/Telisik

" 5 kapal disiapkan untuk mengangkut penumpang arus mudik Lebaran 2023 rute Kendari-Raha-Baubau "

KENDARI, TELISIK.ID - Jelang arus mudik Lebaran 2023, PT Pelayaran Dharma Indah selaku perusahaan yang mewadahi kapal cepat di Pelabuhan Nusantara Kota Kendari, telah menyiapkan 5 kapal untuk melayani para penumpang.

Namun, dari 5 armada kapal itu, satu di antaranya sebagai cadangan, semuanya sudah berada di Pelabuhan Nusantara Kendari. Sementara penjualan tiket akan dimulai pada 15 April 2023.

Kepala Sipil PT Pelayaran Dharma Indah, Sardi Sarata menerangkan, jumlah kepadatan pemudik diprediksi mulai H-7 Idul Fitri. Olehnya itu, pihaknya menyiapkan dua armada kapal untuk penyeberangan pagi dan dua kapal untuk siang dengan rute Kendari-Raha-Baubau pulang balik.

Untuk harga tiket tidak ada kenaikan, yakni rute Kendari-Raha seharga Rp 160.000 untuk kelas eksekutif dan Rp 255.000 untuk VIP. Rute Kendari-Baubau seharga Rp 235.000 untuk kelas eksekutif dan Rp 315.000 untuk VIP. Sedangkan rute Raha-Baubau Rp 135.000 untuk kelas eksekutif dan Rp 170.000 untuk VIP.

Sedangkan terkait over kapasitas muatan kapal, kata Sardi Sarata, pihaknya bakal menambah kuota penumpang mencapai 20-25 persen.

Baca Juga: Tiga Kapal Perintis Siaga di Pelabuhan Bungkutoko Kendari untuk Hubungkan Pulau Terluar

"Penambahan itu kita sudah koordinasikan ke berbagai pihak," ucapnya, saat ditemui usai apel kesiapan posko angkutan laut lebaran di Pelabuhan Bungkutoko Kendari.

Sementara itu, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Kendari, Kolonel Agus Winartono mengimbau masyarakat agar melakukan mudik lebaran jauh-jauh hari untuk menghindari kepadatan penumpang.

"Jangan menunggu mendekati hari Lebaran baru mudik. Karena kalau puncak-puncaknya sangat tidak nyaman," bebernya.

Terlebih kata Kolonel Agus, data tahun 2022 lalu jumlah arus mudik mencapai 40 ribuan penumpang dari H-15 hingga puncak Idul Fitri dan diprediksi tahun ini pemudik bakal naik lagi hingga di atas 10 persen.

Mengantisipasi itu, KSOP telah menyiapkan langkah-langkah jitu dengan menggandeng berbagai pihak, termasuk mendirikan posko pengamanan.

Baca Juga: Jadwal KM Tilongkabila hingga Arus Mudik dan Arus Balik Idul Fitri Tahun 2023

"Juga kita siapkan kapal-kapal cadangan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang," ucapnya.

Sementara salah seorang pemudik, Ardiansyah mengaku, memilih pulang kampung lebih awal untuk menghindari kepadatan penumpang yang terjadi setiap tahunnya.

"Apa lagi kalau sudah padat penumpang kan rawan. Muatan kapal juga berlebihan," ucapnya. (A)

Penulis: Kardin

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga