Jelang Masa Tenang, Bawaslu - Satpol PP Muna Barat Bakal Bongkar APK Pemilu

Putri Wulandari, telisik indonesia
Jumat, 09 Februari 2024
0 dilihat
Jelang Masa Tenang, Bawaslu - Satpol PP Muna Barat Bakal Bongkar APK Pemilu
Rakor Bawaslu, KPU, dan Pemda Muna Barat terkait penertiban APK. Foto: Ist.

" Pasca tahapan kampanye, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Muna Barat akan kembali tertibkan alat peraga kampanye (APK) "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Pasca tahapan kampanye, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Muna Barat akan kembali tertibkan alat peraga kampanye (APK).

Ketua Bawaslu Muna Barat, Awaluddin Usa mengatakan, jelang masa tenang dan berakhirnya masa kampanye pihaknya akan tertibkan APK partai politik atau peserta pemilu 2024 yang terpasang di seluruh Muna Barat.

Hal tersebut berdasarkan kesepakatan saat rakor bersama Kesbangpol Muna Barat, Polres Muna, Satpol PP, Komisioner KPU Muna Barat, serta seksi calon perseorangan DPD.

Baca Juga: Masyarakat Muna Barat Waspada Angin Kencang dan Banjir

"Hasil rakornya bahwa semua APK akan diturunkan oleh peserta kampanye mulai 10-13 Februari 2024 mendatang," ujarnya.

Untuk itu, seluruh APK yang terpasang di tiga wilayah besar Muna Barat, baik di jalan pedesaan maupun di jalan poros harus dibongkar.

Ia harapkan untuk selalu menyamakan persepsi dan pemahaman bersama terkait dengan penertiban APK pada saat masa tenang.

Kemudian, bagi seluruh partai politik, caleg, dan simpatisan segera membongkar APK tersebut karena akan memasuki masa tenang.

Baca Juga: Aksi Heroik Pria di Muna Barat Berhasil Selamatkan Rekannya dari Terkaman Buaya

Senada dengan itu, Koordinator Divisi (Kordiv) Hukum Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas (HP2H) Bawaslu Mubar, La Ode Muhammad Karman menegaskan bahwa memasuki tahapan masa tenang semua APK tidak boleh terpasang lagi.

Jika masih ada terpasang dari waktu yang sudah ditentukan, maka tak segan-segan akan melakukan tindakan pembersihan dengan melibatkan Pol PP Muna Barat.

Hal ini sesuai dengan kewenangan yang diberikan undang-undang bahwa Bawaslu Muna Barat bersama satpol pp akan melakukan tindakan pembersihan bersama.

"Harus dibongkar sesuai tanggal yang diberikan," pungkasnya. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga