Warga Konsel Kini Punya Pusat Penyelesaian Masalah Keluarga dan Hak Asuh Anak

Hamka Dwi Sultra, telisik indonesia
Selasa, 20 April 2021
0 dilihat
Warga Konsel Kini Punya Pusat Penyelesaian Masalah Keluarga dan Hak Asuh Anak
Peresmian PUSPAGA di Kantor Dinas P3A Konsel oleh Pj. Bupati Konsel, Andi Tenri Rawe Silondae. Foto: Ist.

" Ini dapat meningkatkan kemampuan keluarga dalam mengasuh dan melindungi anak. Selain itu, untuk menciptakan rujukan pengasuhan pendidikan, kesehatan dan perlindungan keduanya "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Pj. Bupati Konawe Selatan (Konsel), Andi Tenri Rawe Silondae, sebut Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA) sebagai solusi pemerintah daerah dalam mengulangi permasalahan keluarga dan pemenuhan hak anak.

Untuk itu, Pj. Bupati Konsel didampingi Sekretaris Daerah, Sjarif Sajang meresmikan Gedung PUSPAGA Mokoau dan Ruang Ramah Anak di Kantor Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Konsel, Selasa sore (20/4/2021).

Menurut Andi Tenri, permasalahan keluarga seperti fenomena gunung es yang hanya diketahui oleh sebagian kecil dari ribuan permasalahan yang ada.

Olehnya itu, perlu adanya upaya penyatuan tanggung jawab orang tua dan kewajiban pemerintah daerah (Pemda) dalam mengatasi masalah-masalah keluarga yang ada.

Salah satu upaya solusi yang diberikan Pemda adalah dengan membentuk PUSPAGA untuk masyarakat yang berfungsi sebagai layanan satu pintu berbasis anak.

"Ini dapat meningkatkan kemampuan keluarga dalam mengasuh dan melindungi anak. Selain itu, untuk menciptakan rujukan pengasuhan pendidikan, kesehatan dan perlindungan keduanya," ujarnya.

Selain itu, pembentukan PUSPAGA adalah wujud kepedulian Pemda Konsel dalam meningkatkan kehidupan keluarga, serta memberikan perlindungan dan pengasuhan terhadap hak anak, khususnya di bidang pendidikan dan keterampilan orang tua mengasuh anak.

Salah satu indikator pemenuhan hak anak di Konsel dengan menyediakan sarana taman atau ruang bermain ramah anak, baik di dalam maupun di ruangan publik.

Baca Juga: Meraup Rezeki di Bulan Ramadan dengan Menjual Takjil

"PUSPAGA dan taman bermain anak diharapkan sebagai alternatif belajar, tempat rekreasi, interakasi, dan sosialisasi dalam mendapatkan informasi dan pengalaman baru bagi anak," tandasnya.

Sementara itu, Kadis P3A Konsel, Yuliana menambahkan, keberadaan PUSPAGA merupakan strategi instalasi yang dipimpinnya untuk menekan angka kekerasan terhadap perempuan dan anak, sekaligus upaya meningkatkan kualitas hidup dan ketahanan keluarga.

Yuliana menjelaskan, pemberian nama PUSPAGA Mokoau yang berarti rindu sebagaimana diambil dari bahasa daerah tolaki.

"Hal itu sebagai wujud terima kasih kepada Pemda, terkhusus ke Pj. Bupati Konsel, Andi Tenri Rawe Silondae dalam mendukung peningkatan kualitas hidup perempuan dan anak di Konsel," tambahnya.

Untuk diketahui, Gedung PUSPAGA Mokoau yang diresmikan dilengkapi ruang konseling untuk ruang bermain anak dilengkapi fasilitas bacaan anak, mainan edukasi, dan ruang menyusui.

Selain itu, taman bermain juga telah dibangun oleh Pemda Konsel melalui Dinas P3A Konsel di Kecamatan Angata dan Kecamatan Moramo. (B)

Reporter: Hamka Dwi Sultra

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga