Jelang MotoGP, 19 Kontainer Logistik Tiba di Mandalika

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 09 Oktober 2023
0 dilihat
Jelang MotoGP, 19 Kontainer Logistik Tiba di Mandalika
Sebanyak 19 kontainer logistik tiba di Sirkuit Internasional Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, tepatnya pada Senin, 9 Oktober 2023. Foto: Haluan.co

" Jelang MotoGP Indonesia 2023 di Pertamina Mandalika International Circuit, 19 kontainer logistik untuk kebutuhan balapan telah tiba di Sirkuit Mandalika, Senin (9/10/2023) "

KENDARI, TELISIK.ID - Jelang MotoGP Indonesia 2023 di Pertamina Mandalika International Circuit, 19 kontainer logistik untuk kebutuhan balapan telah tiba di Sirkuit Mandalika, Senin (9/10/2023).

Kontainer yang dikirimkan ke Sirkuit Mandalika ini memiliki berat kurang lebih 500 ton. Pengiriman barang logisitik melalui beberapa jalur, dari laut melalui Tanjung Perak dan Tanjung Priok, sementara jalur udara melewati Bizam (Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid) dan Bandara Soekarno-Hatta.

General Manager APlog, Antono Widiagdo, menjelaskan secara rinci apa yang diangkut oleh 19 kontainer tersebut. Salah satunya adalah motor-motor para pembalap MotoGP yang dibawa lewat jalur udara dari Negeri Sakura.

Baca Juga: Kecelakaan di Warm Up MotoGP Mandalika, Marc Marquez Dibawa ke Rumah Sakit

"Adapun barang dari para pembalap dan timnya ini yang melalui jalur udara, menggunakan Nippon Airline, dan untuk jalur laut ada sekitar 18 kontainer yang masuk, mayoritas barang masuk yang menggunakan udara adalah motor para pembalap dan pengunaan kontainer dengan kapal mengangkat barang-barang hospitality para pembalap,” jelas Antono dikutip dari Okezone.com.

Kemudian, Admin KEK Bambang Wicaksono, mengungkapkan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) sebagai pengelola Sirkuit Mandalika memperoleh perlakuan khusus ketika menerima barang-barang logistik MotoGP. Sebab, trek sepanjang 4,31 km itu masuk dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Sementara itu, penggunaan jalur laut ialah untuk mengangkut barang hospitality pebalap. Sirkuit Mandalika di bawah KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) seluas 1.200 hektare.

Baca Juga: Mau Nonton MotoGP Mandalika? Ini 11 Barang yang Dilarang Bawa

Bambang Wicaksono selaku Admin KEK menyebut telah mengajukan masterlist untuk pembebasan pajak kepada administrator KEK Mandalika.

"Kami sudah memanfaatkan itu dengan tujuan akhir meningkatkan pariwisata Indonesia," ungkap Bambang

Terdapat perbedaan dari tahun 2022. Terjadi penambahan benefit dari 20 KEK yang 10 pariwisata dan 10 industri dengan event yang akan berlanjut. Pemberlakuan KEK terhadap berlangsungnya event MotoGP memberikan banyak manfaat. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga